Tautan-tautan Akses

Boko Haram Klaim Kuasai Kota di Nigeria Utara


Pemimpin kelompok militan Boko Haram, Abubakar Shekau (foto: dok).

Pemimpin kelompok militan Boko Haram, Abubakar Shekau (foto: dok).

Militan Boko Haram di Nigeria mengaku telah menguasai sebuah kota di utara dan menggabungkannya dengan apa yang mereka sebut negara Islam mereka.

Pernyataan kelompok militan Boko Haram itu muncul dalam video yang dirilis Minggu (25/8), menunjukkan Abubakar Shekau yang diduga pemimpin kelompok itu. Dalam video tersebut, Shekau mengatakan Boko Haram telah menguasai Gwoza, sebuah kota kecil di negara bagian Borno dekat perbatasan dengan Kamerun.

Dalam sebuah pernyataan kepada VOA, juru bicara militer Nigeria Mayor Jenderal Chris Olukolade membantah klaim kelompok itu, mengatakan "Kedaulatan dan integritas teritorial negara Nigeria masih utuh."

Dia menambahkan bahwa operasi militer untuk mengamankan daerah Gwoza masih berlangsung.

Boko Haram telah menewaskan ribuan orang sejak tahun 2009, dengan tujuan menciptakan sebuah negara Islam di Nigeria utara.

Meskipun keadaan darurat dinyatakan di Borno dan dua negara bagian yang bertetangga, pemerintah Nigeria telah gagal menundukkan Boko Haram, yang menurut analis memiliki persenjataan lebih baik dibanding militer negara tersebut.

Minggu lalu, tentara Nigeria mengatakan sebuah unit menolak maju ke Gwoza dan kota lain, Daiwa, karena merasa mereka tidak memiliki senjata yang memadai.

XS
SM
MD
LG