Tautan-tautan Akses

Boko Haram Kembali Culik 20 Perempuan di Nigeria


Dua orang perempuan menghibur seorang ibu dari siswi yang termasuk dalam 200 korban penculikan di Chibok, usai jumpa pers di Lagos, Nigeria (5/6). (Reuters/Akintunde Akinleye)

Dua orang perempuan menghibur seorang ibu dari siswi yang termasuk dalam 200 korban penculikan di Chibok, usai jumpa pers di Lagos, Nigeria (5/6). (Reuters/Akintunde Akinleye)

Para saksi mengatakan orang-orang bersenjata naik kendaraan ke daerah permukiman di bagian timur laut Nigeria dan memaksa para korban masuk ke dalam kendaraan mereka.

Tersangka militan Boko Haram telah menculik 20 orang perempuan di dekat kota tempat gerombolan itu menculik lebih dari 200 siswi sekolah menengah April lalu.

Para saksi mengatakan Senin (9/6) bahwa orang-orang bersenjata naik kendaraan ke daerah permukiman Garkin Fulani di bagian timur laut Nigeria dan memaksa perempuan-perempuan itu masuk ke dalam kendaraan mereka. Mereka mengatakan penculikan tersebut terjadi Kamis.

Pemerintah belum menanggapi penculikan yang dilaporkan itu.

Wilayah permukiman itu terletak dekat Chibok, kota dimana penculikan bulan April terjadi.

Kecaman terhadap militer Nigeria semakin meningkat karena militer dianggap tidak berbuat cukup untuk menghentikan serangan Boko Haram, kelompok yang dituduh telah mengakibatkan kematian ribuan orang dalam pemberontakan selama lima tahun terakhir.

Pada Senin, militer mengatakan pasukannya telah menghentikan razia ke desa-desa di bagian timur laut negara itu dimana militan tersebut giat beroperasi.

Militer mengatakan tentara telah mencegah usaha penggrebekan desa-desa di negara-negara bagian Borno dan Adamawa akhir pekan lalu dan menewaskan lebih dari 50 militan.

Pemerintah Nigeria telah berusaha keras membendung Boko Haram walaupun telah memberlakukan keadaan darurat di timur-laut dan mengerahkan ribuan pasukan ke daerah itu.
XS
SM
MD
LG