Tautan-tautan Akses

Boko Haram Bantai Lebih dari 1.000 Orang di Nigeria


Kota Baga di negara bagian Borno, Nigeria.

Kota Baga di negara bagian Borno, Nigeria.

Amnesty International mengatakan kira-kira 3.700 bangunan dibakar habis setelah Boko Haram merebut Baga pada 3 Januari.

Sebuah organisasi hak asasi manusia telah merilis gambar-gambar satelit yang katanya menunjukkan penghancuran di Nigeria timur laut yang dilakukan oleh kelompok militan Boko Haram.

Amnesty International mengatakan gambar-gambar Baga dan Doron Baga di dekatnya menunjukkan kira-kira 3.700 bangunan dibakar habis setelah Boko Haram merebut Baga pada 3 Januari.

Sebagian besar rumah yang hancur adalah di Doron Baga, yang menurut peneliti Amnesty Daniel Eyre ”hampir terhapus dari peta dalam waktu empat hari.”

Organisasi HAM itu juga mengatakan wawancara dengan para saksi dan pejabat setempat memberi indikasi bahwa militan menembaki ratusan kaum sipil, termasuk anak-anak kecil dan wanita yang hendak melahirkan.

Militer Nigeria mencatat jumlah yang tewas dari serangan Baga 150 tetapi pejabat setempat telah mengatakan kemungkinan di atas 1000.

Amnesty mengatakan Rabu (14/1) bahwa berdasarkan penelitiannya, Boko Haram kemungkinan menyerang Baga karena daerah itu adalah tempat tinggal Satuan Tugas Gabungan Sipil -- kelompok orang yang membantu tentara memerangi militan Islamis.

XS
SM
MD
LG