Tautan-tautan Akses

Boeing akan Buat Taksi Antariksa


Dua pesawat ulang-alik NASA yang sudah 'pensiun,' Endeavour dan Discovery di Pangkalan Antariksa Kennedy, Cape Canaveral, Florida (foto: dok).

Dua pesawat ulang-alik NASA yang sudah 'pensiun,' Endeavour dan Discovery di Pangkalan Antariksa Kennedy, Cape Canaveral, Florida (foto: dok).

Boeing akan bekerjasama dengan perusahaan Space Florida membangun wahana tersebut di Pusat Antariksa Kennedy, Florida.

Perusahaan pembuat pesawat terbang Amerika, Boeing, telah mengumumkan rencana untuk membuat taxi antariksa di hangar Florida tengah yang pernah digunakan untuk menyimpan pesawat ulang-alik antariksa.

Kesepakatan Boeing dengan badan dukungan pemerintah, Space Florida, memungkinkan perusahaan itu menyewa Hangar Pembuatan Pesawat Ulang Alik di Pusat Antariksa Kennedy di Cape Canaveral, Florida.

Boeing berencana menggunakan fasilitas itu untuk memproduksi kapsul berkapasitas tujuh penumpang yang dapat mengantar jemput penumpang dan kargo ke ruang angkasa.

Sejak dipensiunkannya program ulang-alik, Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA) sekarang ini bergantung pada Rusia untuk mengangkut astronot, kargo dan satelit ke antariksa.

Proyek tersebut akan mendatangkan sekitar 500 pekerjaan tehnologi tinggi terkait program antariksa ke Florida sebelum tahun 2015.

Sejak badan antariksa nasional Amerika memensiunkan program pesawat ulang-alik, Amerika saat ini bergantung pada Rusia untuk mengangkut astronot, kargo, dan satelit ke antariksa.

Pemerintahan Obama telah memohon 850 juta dolar dana untuk usaha penerbangan komersial antariksa.

XS
SM
MD
LG