Tautan-tautan Akses

Akademi Swedia berharap ia akan menerima undangan untuk mengambil penghargaan tersebut dalam upacara tahunan Nobel di Stockholm pada 10 Desember.

Lima hari setelah Bob Dylan disebut sebagai pemenang Hadiah Nobel bidang kesusastraan, tidak ada yang tahu apa perasaannya menerima penghargaan prestisius tersebut, bahkan para juri Nobel sekalipun.

Akademi Swedia, yang memberikan penghargaan tahunan itu, mengatakan mereka belum berhasil mengontak Dylan sejak pengumuman Kamis lalu.

"Kami belum berhasil mengontak Bob Dylan secara langsung, tapi saya telah berbicara dengan salah satu rekan terdekatnya," tulis sekretaris permanen akademi itu, Sara Danius, kepada kantor berita The Associated Press dalam email hari Selasa (18/10).

Akademi berharap ia dapat menerima undangan untuk mengambil penghargaan tersebut dalam upacara Nobel tahunan di Stockholm pada 10 Desember.

Danius mengatakan beberapa pemenang hadiah yang sama telah melewatkan upacara itu sebelumnya. Elfriede Jelinek tidak datang pada 2004 karena fobia sosial. Harold Pinter dan Alice Munro melewatkan upacara tahun 2005 dan 2013 karena alasan kesehatan.

Dua sastrawan telah menolak Hadiah Nobel itu. Boris Pasternak melakukannya karena tekanan penguasa Soviet tahun 1958 dan Jean-Paul Sartre, yang tidak menerima semua penghargaan resmi, menolaknya tahun 1964.

Dylan, yang sedang melakukan tur di AS, tidak menyebut-nyebut Hadiah Nobel dalam konser-konsernya sejak pengumuman itu.

Hari Selasa, situs resminya tidak menyebut hadiah itu kecuali di seksi "buku-buku", dimana sebuah tulisan bertanggal 17 Oktober mengenai koleksi lirik-liriknya "The Lyrics: 1961-2012'' menyebut dalam huruf kapital bahwa ia adalah pemenang Hadiah Nobel.

Dylan telah menerima sejumlah penghargaan dalam karirnya, termasuk Pulitzer Prize kehormatan dan Medali Kemerdekaan dari presiden.

Jika ia datang ke Stockholm untuk upacara Nobel, hal itu tidak akan menjadi kali pertama ia menerima penghargaan dari Raja Swedia Carl XVI Gustaf. Tahun 2000, ia menerima Polar Music Prize dari tangan raja. [hd]

XS
SM
MD
LG