Tautan-tautan Akses

AS

Bob Dylan Raih Hadiah Nobel Kesusastraan 


Bob Dylan dalam penampilannya di Los ANgeles, 12 Januari 2012 (Foto: dok).

Bob Dylan dalam penampilannya di Los ANgeles, 12 Januari 2012 (Foto: dok).

Bob Dylan merupakan orang Amerika pertama peraih Hadiah Nobel Kesusastraan setelah Toni Morrison pada tahun 1992.

Musisi legendaris Amerika, Bob Dylan, meraih Hadiah Nobel 2016 dalam bidang kesusastraan. Ia adalah penulis lagu pertama yang menerima penghargaan bergengsi itu.

The Swedish Academy, yang membuat keputusan tahunan mengenai pemenang Hadiah Nobel Kesusastraan, menyatakan, Dylan dihargai karena “menciptakan ekspresi-ekspresi puitis baru di dalam tradisi lagu Amerika yang luar biasa.”

Kerumunan orang-orang yang berkumpul menunggu pengumuman di Stockholm, Swedia itu menyambut dengan sorak sorai keras sewaktu nama Dylan dibacakan.

Ia pernah disebut-sebut sebagai calon pemenang Nobel pada tahun-tahun sebelumnya tetapi tidak pernah dianggap sebagai calon kuat.

Dylan adalah orang Amerika pertama yang meraih Hadiah Nobel Kesusastraan setelah Toni Morrison pada tahun 1992.

Penyanyi dan penulis lagu berusia 75 tahun yang terlahir dengan nama Robert Allen Zimmerman itu memulai karier musiknya pada tahun 1959, dengan tampil di kedai-kedai kopi di Minnesota.

Dylan lahir di Duluth, Minnessota pada 24 Mei 1941, dan dibesarkan di tengah keluarga kelas menengah Yahudi. Ia belajar sendiri memainkan alat musik gitar, harmonika dan piano.

Karya-karya paling terkenal Dylan berasal dari era tahun 1960-an, ketika lagu-lagu seperti Blowin in the Wind menjadi ‘lagu kebangsaan” bagi gerakan anti-perang Vietnam dan hak-hak sipil. Ia juga meraih Penghargaan Pulitzer pada tahun 2008 karena kontribusinya bagi musik dan budaya Amerika.

Dylan akan menerima hadiah uang 960 ribu dolar sebagai pemenang Nobel Kesusastraan. Seluruhnya ada enam pemenang Nobel, masing-masing akan menerima medali emas dan piagam dalam upacara resmi di Stockholm pada 10 Desember mendatang. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG