Tautan-tautan Akses

AS

Blue Bell Tangguhkan Operasi di Pabrik Es Krim Oklahoma


Perusahaan es krim Blue Bell hari Jumat (3/4) mengumumkan telah menangguhkan operasinya di sebuah fasilitas produksi di Oklahoma (Foto: ilustrasi).

Perusahaan es krim Blue Bell hari Jumat (3/4) mengumumkan telah menangguhkan operasinya di sebuah fasilitas produksi di Oklahoma (Foto: ilustrasi).

Awal Maret lalu sepuluh produk es krim Blue Bell telah ditarik dari pabriknya di Brenham – Texas, yang sekaligus merupakan markas perusahaan itu.

Perusahaan es krim Blue Bell hari Jumat (3/4) mengumumkan telah menangguhkan operasinya di sebuah fasilitas produksi di Oklahoma, setelah sebelumnya dikaitkan dengan kematian tiga orang akibat penyakit terkait makanan.

“Kami mengambil langkah yang sangat hati-hati ini untuk memastikan bahwa kami telah melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk meyakinkan para konsumen tentang keamanan produk kami dan melestarikan kepercayaan yang telah kami bangun pada para konsumen dan keluarga mereka selama lebih dari satu abad” – demikian pernyataan tersebut.

Bulan lalu perusahaan itu dan beberapa pejabat kesehatan mengatakan es krim dalam kemasan tiga ons telah terkontaminasi “listeriosis”, yang setelah dilacak ternyata berasal dari pabrik Blue Bell di Broken Arrow – Oklahoma.

Produk es krim coklat, strawberry dan vanilla dalam kemasan itu tidak dijual secara eceran dan hanya dikapalkan dalam jumlah besar ke “institusi tertentu” seperti rumah sakit di 23 negara bagian, yang merupakan bagian dari lima persen penjualan Blue Bell.

Awal Maret lalu sepuluh produk Blue Bell telah ditarik dari pabriknya di Brenham – Texas, yang sekaligus merupakan markas perusahaan itu.

Penarikan produk – yang pertama dalam 108 tahun sejarah Blue Bell – dimulai ketika lima pasien di rumah sakit Via Christie St. Frances di Wichita – Kansas jatuh sakit akibat “listeriosis” ketika dirawat antara bulan Desember 2013 hingga Januari 2015.

Beberapa pejabat mengatakan sedikitnya empat minuman milkshakes yang diberikan kepada mereka mengandung es krim Blue Bell. Tiga dari empat pasien itu kemudian meninggal.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengawasan Penyakit CDC/ “listeriosis” – yang juga dikenal dengan nama “Listeria” – adalah infeksi berbahaya yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri “listeria-monocytogenes”// Penyakit itu umumnya menimbulkan dampak pada ibu hamil/ bayi baru lahir/ orang lanjut usia dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah//

Blue Bell mengatakan akan melakukan “pemeriksaan yang menyeluruh dan hati-hati” terhadap pabriknya di Oklahoma guna mengetahui penyebab kontaminasi tersebut//

Blue Bell menambahkan bahwa Badan Urusan Pangan dan Obat-Obatan FDA juga telah diberitahu tentang penutupan pabrik di Oklahoma itu//

Selain pabrik di Broken Arrow – Oklahoma/ Blue Bell juga memiliki dua pabrik lain di Brenham – Texas dan Sylacauga – Alabama//

Es krim yang ditarik itu sebelumnya telah dikirim ke Alabama/ Arizona/ Arkansas/ Colorado/ Florida/ Georgia/ Illinois/ Indiana/ Kansas/ Kentucky/ Louisiana/ Mississippi/ Missouri/ Nevada/ New Mexico/ North Carolina/ Ohio/ Oklahoma/ South Carolina/ Tennessee/ Texas/ Virginia dan Wyoming//

XS
SM
MD
LG