Tautan-tautan Akses

Bisakah Silicon Beach di LA Saingi Silicon Valley?


Industri teknologi tinggi Amerika berpusat di Silicon Valley, California, wilayah di San Francisco Bay yang menjadi rumah Google, Apple dan raksasa industri teknologi tinggi lainnya. Tapi start-up teknologi juga bisa ditemukan di dalam dan di sekitar kota Los Angeles. "Silicon Beach," adalah saingan baru Silicon Valley.

Perusahaan VNTANA yang diambil dari kata Spanyol yang artinya “jendela,” adalah salah satu dari sekian banyak start-up teknologi dekat Los Angeles. Perusahaan tersebut berbasis di komunitas pantai Santa Monica, dan menciptakan hologram, gambar-gambar tiga dimensi untuk pendidikan, pemasaran dan hiburan.

“Dibutuhkan dua orang dalam waktu kurang dari satu jam untuk memasang layarnya dan bisa dikirim ke seluruh dunia," kata Ashley Crowder, yang ikut mendirikan perusahaan tersebut.

Sistem tersebut memungkinkan penampilan dari jauh dan konser virtual. Sistemnya interaktif dan para pengguna bisa mengontrol gambar yang diproyeksikan dengan gerakan. Salah satu pendiri perusahaan Ben Conway mendemonstrasikan sistem ini dengan avatar yang menyerupai kartun yang diproyeksikan di layar transparan. Ketika ia menggerakkan tangan dan kakinya, avatar tersebut meniru gerakannya.

Conway mengatakan, seperti banyak perusahaan Silicon Beach lainnya, VNTANA memanfaatkan kedekatannya dengan Hollywood.

“Kami fokus pada hiburan dan konten. Dan itu sesuatu yang sangat dipahami oleh komunitas hiburan," katanya.

Silicon Valley berorientasi pada teknologi, sementara Silicon Beach fokus pada hiburan.

Tapi sektor ini berbeda. Pertemuan baru-baru ini untuk start-up Los Angeles yang diadakan oleh kelompok Town Hall Los Angeles ikut dihadiri oleh Matthew Goldman, pendiri Wallaby Financial, yang memberikan konsultasi kepada konsumen tentang kartu kredit apa yang sebaiknya digunakan.

“Kami membantu konsumen untuk menghemat uang, mendapatkan reward atau menghindari bunga. Apapun yang mereka butuhkan dengan memberikan rekomendasi tentang bagaimana menggunakan kartu kredit setiap hari," ujarnya.

Goldman mengatakan aplikasi tersebut bisa digunakan lewat smartphone mereka.

“Smartphone melacak lokasi Anda dan berkomunikasi dengan server kami untuk membuat rekomendasi ini dan mencari informasi tentang kartu kredit dan mengirimkan hasilnya ke smartphone Anda," ujarnya.

Sektor teknologi Los Angeles menyebar dari kota tersebut ke pantai dan pinggiran kota. Para pengamat mengatakan besarnya sulit diukur karena teknologi merambah begitu banyak industri LA, tapi Silicon Beach adalah rumah bagi ratusan start-up teknologi dan jumlahnya semakin banyak.

XS
SM
MD
LG