Tautan-tautan Akses

Birma Umumkan Hasil Pemilu Resmi Pertama


Partai Persatuan Solidaritas dan Pembangunan (USDP) dukungan militer mendominasi perolehan kursi parlemen Birma.

Partai Persatuan Solidaritas dan Pembangunan (USDP) dukungan militer mendominasi perolehan kursi parlemen Birma.

Hasil perhitungan sementara menunjukkan Partai USDP yang didukung militer memperoleh 48 dari 60 kursi di majelis rendah parlemen.

Birma telah merilis hasil-hasil sementara pemilu parlemen hari Minggu, pemilu pertama yang diselenggarakan dalam 20 tahun.

Hasil-hasil resmi tersebut disiarkan oleh media pemerintah hari Rabu, dan menunjukkan Partai Persatuan Solidaritas dan Pembangunan (USDP) yang didukung militer memperoleh 48 dari 60 kursi yang dihitung sejauh ini majelis rendah parlemen.

Kandidat-kandidat USDP memenangkan 13 kursi yang dihitung di majelis tinggi. Partai-partai oposisi tertinggal jauh di belakang, sesuai dugaan semula.

Aturan-aturan yang ketat membuat tidak mungkin bagi partai-partai oposisi – Partai Kekuatan Demokratis Nasional dan Partai Demokrasi – untuk memperebutkan persentase kursi yang lebih banyak.

Hari Rabu, para pejabat Birma mengatakan mereka kini mempersiapkan keamanan bagi berakhirnya masa tahanan rumah pemimpin demokrasi Aung San Suu Kyi hari Sabtu ini.

Pemerintah Birma tidak mengatakan apakah akan membebaskannya atau tidak. Kuasa hukumnya mengatakan tidak akan menerima pembatasan apapun terkait kebebasannya jika ia dibebaskan.

XS
SM
MD
LG