Tautan-tautan Akses

'Birdman' Raih Nominasi Golden Globes Terbanyak


Aktor Michael Keaton, yang meraih nominasi Golden Globes untuk aktor terbaik dalam film komedi atau musikal untuk perannya dalam film "Birdman," di Festival Film Venesia, Agustus 2014.

Aktor Michael Keaton, yang meraih nominasi Golden Globes untuk aktor terbaik dalam film komedi atau musikal untuk perannya dalam film "Birdman," di Festival Film Venesia, Agustus 2014.

Golden Globes mengindikasikan bahwa pertempuran utama adalah antara "Birdman" dan "Boyhood," yang meraih lima nominasi dan juga mendorong batas-batas sinematik.

Film satir yang sureal mengenai bisnis hiburan, "Birdman", yang menjadi favorit para kritikus karena penceritaan yang inovatif, memimpin perolehan nominasi penghargaan Golden Globes, Kamis (11/12), dengan tujuh nominasi.

Lebih dari dua bulan sebelum Academy Awards, nominasi-nominasi dari Asosiasi Pers Asing Hollywood mengindikasikan bahwa pertempuran utama adalah antara "Birdman" dan "Boyhood," yang meraih lima nominasi dan juga mendorong batas-batas sinematik.

Namun pada Golden Globes yang diadakan 11 Januari, kedua film itu berkompetisi pada kategori-kategori berbeda: "Birdman" untuk film komedi atau musikal terbaik dan "Boyhood" dalam kategori lebih bergengsi, yaitu drama terbaik.

Film tentang remaja yang tumbuh dewasa dan diproduksi selama 12 tahun dengan aktor-aktor yang sama itu mendapat tantangan dari biopik Perang Dunia II "The Imitation Game," yang juga menerima lima nominasi.

"Birdman", yang disutradari pembuat film asal Meksiko Alejandro G. Inarritu dan dibintangi oleh Michael Keaton, mengisahkan aktor yang sudah surut ketenarannya dan berusaha bangkit kembali lewat panggung teater Broadway.

Film lain yang mendapat nominasi adalah "Selma", sebuah biopik Martin Luther King Jr, yang disutradari oleh Ava DuVernay, satu-satunya perempuan yang mendapat nominasi sutradara terbaik. Selain itu ada "The Grand Budapest Hotel" dari Wes Anderson, "Gone Girl" karya David Fincher dan "The Theory of Everything," kisah hidup ahli fisika Stephen Hawking dan istri pertamanya, Jane.

Dalam kategori yang sangat kompetitif untuk aktor terbaik untuk film drama, Eddie Redmayne yang bermain sebagai Stephen Hawking, berhadapan dengan David Oyelowo ("Selma"), Steve Carell dalam "Foxcatcher," Benedict Cumberbatch untuk "The Imitation Game" dan Jake Gyllenhaal untuk "Nightcrawler."

Aktris-aktris pemeran utama yang mendapat nominasi antara lain Julianne Moore untuk "Still Alice" dan "Maps to the Stars", dan Jennifer Aniston untuk "Cake."

XS
SM
MD
LG