Tautan-tautan Akses

Bintang Olimpiade Michael Phelps Kembali Tersangkut Kasus Hukum


Bintang renang Olimpiade AS, Michael Phelps berurusan dengan polisi akibat mengemudi dalam keadaan mabuk, Selasa 30/9 (foto: dok).

Bintang renang Olimpiade AS, Michael Phelps berurusan dengan polisi akibat mengemudi dalam keadaan mabuk, Selasa 30/9 (foto: dok).

Bintang renang Olimpiade Michael Phelps Selasa (30/9) ditangkap polisi karena mengendarai mobil dalam keadaan mabuk di kota Baltimore, negara bagian Maryland.

Juara Olimpiade Michael Phelps Selasa (30/9) meminta maaf kepada publik atas insiden terbarunya yang melanggar hukum karena mengendarai mobil dalam keadaan mabuk (atau di AS biasa disebut dengan driving under influence/DUI).

Phelps mengatakan bahwa ia sangat menyesal telah mengecewakan banyak orang dengan kasus penangkapan dirinya oleh polisi akibat kasus DUI.

Polisi mengatakan, peraih 18 medali emas cabang renang Olimpiade itu dikejar petugas setelah mengendarai mobilnya di atas kecepatan yang diijinkan, dan kemudian gagal dalam tes "kesadaran" saat diminta menepi oleh polisi di Baltimore Selasa (30/9) dini hari.

Ini adalah kedua kalinya Phelps ditangkap polisi atas tuduhan mabuk sambil mengemudi, yang pertama terjadi pada tahun 2004 setelah dia berkompetisi di Olimpiade Athena, Yunani. Phelps juga pernah difoto sedang menggunakan pipa ganja setelah Olimpiade Beijing 2008, yang mengakibatkan ia sempat diskors selama tiga bulan oleh Federasi Renang AS.

Phelps (29 tahun) didakwa mengemudi dalam keadaan mabuk (DUI), mengendarai mobilnya dengan kecepatan yang berlebihan dan menabrak garis jalur ganda lalu lintas di terowongan Fort McHenry, Baltimore, negara bagian Maryland.

"Saya memahami parahnya pelanggaran hukum yan saya lakukan, dan saya (akan) bertanggung jawab penuh," kata Phelps dalam sebuah pernyataan. "Saya tahu kata-kata saya ini mungkin tidak berarti banyak sekarang, tapi saya benar-benar sangat menyesal (terutama) untuk semua orang yang telah saya kecewakan."

Michael Phelps adalah atlet peraih medali terbanyak dalam sejarah Olimpiade, dengan telah meraih 18 medali emas (dua kali lebih banyak dari peraih emas terbanyak kedua Olimpiade dengan 9 emas), serta memiliki 22 medali secara keseluruhan (ditambah dua perak dan dua perunggu).

Setelah Olimpiade 2012 di London dua tahun lalu, Phelps mengatakan bahwa ia berencana untuk pensiun dari Olimpiade. Namun, dia kembali mengikuti kompetisi pada bulan April lalu dan menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan sponsor perusahaan baju renang. Phelps juga telah menyatakan ia akan kembali berlomba pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, yang akan menjadi ajang Olimpiade kelima kalinya buat Phelps.

Bulan lalu, Phelps berhasil memenangkan tiga medali emas dan dua perak dalam kejuaraan internasional Pan Pacific di Australia, kompetisi internasional pertama yang diikutinya setelah ia menyatakan kembali ke gelanggang renang.

XS
SM
MD
LG