Tautan-tautan Akses

Bintang `Iron Man' Hadiahi Seorang Anak Tangan Bionik

  • Associated Press

Aktor Robert Downey Jr., yang berperan sebagai Tony "Iron Man" Stark.

Aktor Robert Downey Jr., yang berperan sebagai Tony "Iron Man" Stark.

Robert Downey Jr. menghadiahi tangan prostetik bionik yang berfungsi kepada Alex, yang berusia tujuh tahun dan lahir dengan lengan kanan yang tidak berkembang sempurna.

Seperti tokoh Tony "Iron Man" Stark yang diperankannya, Robert Downey Jr. adalah pahlawan super paruh waktu, setidaknya di mata seorang anak berusia tujuh tahun.

Dalam sebuah video yang diunggah di Internet, Kamis (12/3), aktor tersebut, mengenakan kostum Stark yang menjadi Iron Man dalam film, menghadiahi tangan prostetik bionik yang berfungsi kepada Alex, yang berusia tujuh tahun dan lahir dengan lengan kanan yang tidak berkembang sempurna.

Downey membuka sepasang kotak logam bergambar logo Stark Industries, memperlihatkan tangan Iron Man dan tangan prostetik yang lebih kecil berwarna merah dan emas kepada Alex.

Bocah laki-laki tersebut, yang mengenakan kemeja hitam dan dasi kupu-kupu merah, mengakui dengan malu-malu dalam video itu bahwa ia mengobrol dengan Iron Man, yang ia identifikasi juga sebagai "Robert."

Tangan bionik yang diterima Alex diciptakan oleh mahasiswa teknik Albert Manero, yang membuat dan menyumbangkan kaki bionik yang dihasilkan dari pencetak 3-D untuk anak-anak seluruh dunia.

Manero telah bekerjasama dengan keluarga Alex untuk menyempurnakan tangan digital tersebut, yang digerakkan oleh Alex dengan meregangkan otot lengannya.

Setiap kaki bionik yang dibuat Manero memerlukan waktu pencetakan 50 jam sampai 70 jam dan sekitar 12 jam pemasangan.

Perusahaannya, Limbitless Solutions, bertujuan untuk memberikan pencetak 3-D di kedutaan-kedutaan seluruh dunia sehingga anak-anak yang tinggal di negara-negara tanpa pengobatan canggih dapat memanfaatkan rancangan Manero.

Video itu diproduksi oleh Collective Project, program jangkauan media sosial yang memberikan mahasiswa seperti Manero kehadiran yang lebih besar di Internet dengan harapan dapat menginspirasi orang banyak.

XS
SM
MD
LG