Tautan-tautan Akses

Bin Laden Habiskan 30 Tahun Berjuang, Lalu Bersembunyi


Osama bin Laden di Afghanistan (foto: dok). Ketika Uni Soviet menyerang Afghanistan tahun 1979, bin Laden meninggalkan bisnis keluarga di Arab Saudi dan bergabung melawan Soviet.

Osama bin Laden di Afghanistan (foto: dok). Ketika Uni Soviet menyerang Afghanistan tahun 1979, bin Laden meninggalkan bisnis keluarga di Arab Saudi dan bergabung melawan Soviet.

Osama bin Laden pertama kali mengaku bertanggung jawab atas serangan 11 September 2001 dalam video yang dirilis pada Oktober 2004.

Presiden Amerika Barack Obama mengumumkan bahwa pemimpin teroris yang paling dicari dunia, Osama bin Laden, telah terbunuh. Bin Laden tewas dalam usia 54 tahun.

Setelah serangan teroris di New York dan Washington pada 11 September 2001, presiden Amerika saat itu, George W. Bush, berjanji menangkap bin Laden, yang diyakini Presiden Bush berada di balik serangan tersebut.

Bin Laden pertama kali secara umum mengaku bertanggung jawab dalam video yang dirilis pada Oktober 2004. Ia berhasil melepaskan diri dari sejumlah upaya untuk menangkapnya dengan bersembunyi disepanjang perbatasan Afghanistan dan Pakistan, dan mungkin menjadi upaya pencarian manusia terbesar dalam sejarah.

Tetapi, citra bin Laden sebagai teroris paling dicari sangat berbeda dari masa lalunya yang damai dan nyaman. Ia adalah satu dari lebih dari 50 anak pengusaha konstruksi yang kaya dari Arab Saudi dan dibesarkan dalam lingkungan kelas atas.

Bin Laden meraih gelar insinyur dan tampaknya siap bekerja dalam bisnis keluarga. Namun, ketika Uni Soviet menyerang Afghanistan tahun 1979, bin Laden meninggalkan keluarganya dan bergabung melawan Soviet.

Awalnya ia menyediakan dukungan logistik bagi calon-calon pejuang Islam mujahidin baru, yang didukung Amerika. Tetapi pada pertengahan 1980an, bin Laden memutuskan memakai kekayaan keluarganya untuk membangun pasukan milisinya sendiri, yang kemudian dikenal dengan Al-Qaida.

XS
SM
MD
LG