Tautan-tautan Akses

Bill Gates: Nigeria Bisa Basmi Polio Meski Ada Kendala


Seorang anak mendapatkan vaksin polio oral di Kano, Nigeria. (Foto: Dok)

Seorang anak mendapatkan vaksin polio oral di Kano, Nigeria. (Foto: Dok)

Tantangan utamanya adalah sulitnya pemberi vaksin menemukan anak-anak yang perlu divaksinasi, menjangkau mereka di lingkungan yang tidak aman.

Filantropis dan salah seorang pendiri Microsoft, Bill Gates, menyampaikan rasa optimis bahwa Nigeria mampu memberantas polio meskipun menghadapi tantangan berat yang menyulitkan imunisasi anak-anak di sebagian besar daerah yang rentan.

Kepada VOA Rabu (17/8), Gates mengatakan dua kasus terbaru polio di Nigeria merupakan “suatu kekecewaan” setelah ada banyak keberhasilan bukan hanya di Afrika tapi juga di Pakistan dan Afghanistan, tempat polio masih menjadi endemi.

"Tantangan utama kita adalah sulitnya pemberi vaksin menemukan anak-anak yang perlu divaksinasi. Menjangkau anak-anak itu di lingkungan yang tidak aman bisa sangat sulit, perlu ada kemitraan kuat dengan pemerintah di kawasan itu khususnya di Borno, Nigeria timur laut," ujarnya.

Tapi Gates mengatakan ia cukup optimistis banyak anak bisa dilindungi dari Polio di Nigeria utara.

“Kita makin pintar mencari cara untuk menemukan desa-desa, bagaimana kita merangkul tokoh masyarakat. Kita punya tim hebat di sana. Pemerintah bekerjasama dengan kita. Kita perlu mengakses anak-anak dan kita perlu warga memahami pentingnya semua anak ini mendapat vaksin polio oral,” kata Gates.

The Bill and Melinda Gates Foundation, yayasan amal yang didirikan oleh pengusaha teknologi itu bersama istrinya telah menyumbangkan US$3,5 miliar untuk membasmi polio sejak tahun 2000. [my/al]

XS
SM
MD
LG