Tautan-tautan Akses

Ratusan Biksu Sri Lanka Protes Kekerasan di Bangladesh


Ratusan biksu Budha berdemonstrasi di depan kantor perwakilan Bangladesh di Colombo, Sri Lanka hari Kamis (4/10).

Ratusan biksu Budha berdemonstrasi di depan kantor perwakilan Bangladesh di Colombo, Sri Lanka hari Kamis (4/10).

Ratusan biksu berdemonstrasi di Sri Lanka hari Kamis guna memrotes gelombang kekerasan baru-baru ini yang menarget komunitas agama mereka di Bangladesh.

Biksu Galagodawatte Ghanasara memberitahu massa di Kolombo bahwa umat Buddha bersembunyi di hutan-hutan karena takut dibunuh setelah warga Muslim yang mengamuk dilaporkan telah membakar lebih dari 20 kuil dan lebih dari 100 tempat usaha di Bangladesh selatan dekat perbatasan Burma. Dia mengatakan orang-orang tak berdosa telah dibantai.

Sehari sebelumnya, Associated Press melaporkan wakil-wakil masyarakat minoritas Muslim di Sri Lanka juga mengutuk kekerasan itu dan menuntut pemerintah Bangladesh menghukum mereka yang bertanggung jawab. Kelompok HAM Amnesty International juga merilis sebuah pernyataan, mendesak pemerintah Bangladesh untuk melindungi penduduk minoritas.

Ribuan Muslim Bangladesh melakukan kerusuhan hari Sabtu dan Minggu, menarget kuil Buddha di Cox Bazar dan daerah-daerah sekitarnya. Serangan itu berawal setelah umat Islam menemukan foto Quran yang terbakar dan menuduh pembakaran itu dilakukan oleh seorang pria Buddha.

Menteri Dalam Negeri Bangladesh Mohiuddun Khan Alamgir menuduh Islamis radikal dan aktivis partai oposisi menghasut kerusuhan itu sebagai upaya "terencana dan disengaja" untuk merusak kerukunan komunal.

Pihak berwenang Bangladesh mengatakan mereka telah menahan sekitar 300 orang terkait kerusuhan itu.
XS
SM
MD
LG