Tautan-tautan Akses

Biden: Masih Ada Peluang Capai Kesepakatan Soal Nuklir Iran


Wakil Presiden AS Joe Biden berbicara di Brookings Institution di Washington, 6 Desember 2014.

Wakil Presiden AS Joe Biden berbicara di Brookings Institution di Washington, 6 Desember 2014.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden mengatakan, peluang untuk mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran kini kurang dari setengahnya, tetapi masih ada kesempatan.

Pada sebuah forum tentang Timur Tengah di Lembaga Brookings di Washington, Biden mengulang sumpah Amerika untuk tidak membiarkan Iran mengembangkan senjata nuklir, dan menambahkan bahwa tidak akan ada perundingan mengenai hal itu.

Ia mengatakan bahwa Iran telah memperlihatkan kelenturannya dalam pembicaraan sejauh ini karena sanksi-sanksi Barat terhadap program nuklirnya telah sangat merugikan perekonomian Iran.

Namun ia mengatakan, sanksi-sanksi baru kali ini, termasuk yang didesakkan oleh Kongres Amerika, akan menjadi yang terburuk. Biden mengatakan sanksi-sanksi itu akan memecah koalisi yang menekan Iran dan memberi para perunding lebih sedikit posisi tawar untuk mencapai solusi damai.

Iran dan para diplomat dari negara-negara yang disebut P5 Plus 1, yaitu Inggris, Tiongkok, Perancis, Jerman, Rusia, dan Amerika, telah memperpanjang pembicaraan nuklir itu 7 bulan lagi setelah batas waktu berakhir tanggal 24 November lalu.

Amerika telah lama menuduh Iran membuat senjata nuklir. Iran telah berulang kali menyangkal dan mengatakan, program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG