Tautan-tautan Akses

Biden di Ukraina untuk Bahas Rencana Bantuan AS


Wapres AS Joe Biden dan isterinya, Jill Biden tiba di bandara internasional Kyiv, Ukraina hari Kamis (20/11).

Wapres AS Joe Biden dan isterinya, Jill Biden tiba di bandara internasional Kyiv, Ukraina hari Kamis (20/11).

Sebelumnya, Moskow mengatakan AS akan mengacaukan situasi di Ukraina jika memberikan bantuan senjata kepada Kyiv untuk membantu melawan separatis.

Wakil Presiden AS Joe Biden berada di Ukraina untuk mengadakan pembicaraan dengan pemimpin negara itu tentang kemungkinan bantuan baru kepada pemerintah Ukraina, dalam pertempuran melawan pemberontak pro-Rusia di dekat perbatasan Rusia.

Joe Biden hari Jumat bertemu dengan Presiden Petro Poroshenko dan Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk, ditengah maraknya kontroversi terkait himbauan baru bagi Amerika untuk menyediakan bantuan senjata kepada militer Ukraina.

Rincian misi Biden belum diungkapkan. Tetapi hari Rabu, calon yang diajukan Presiden AS Barack Obama untuk mengisi jabatan nomor dua dalam Departemen Luar Negeri mengatakan Gedung Putih sebaiknya mempertimbangkan memberi senjata untuk membela diri kepada militer Ukraina.

Tony Blinken mengatakan kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat bahwa mempersenjatai militer Ukraina bisa memaksa Rusia untuk memikirkan kembali perannya dalam pemberontakan pro-Rusia yang melanda Ukraina timur.

XS
SM
MD
LG