Tautan-tautan Akses

AS

Bibi Obama Meninggal Dunia di Massachusetts


Bibi Presiden Barack Obama, Zeituni Onyango. (Foto: Dok)

Bibi Presiden Barack Obama, Zeituni Onyango. (Foto: Dok)

Adik tiri ayah Obama tinggal secara gelap di Amerika selama bertahun-tahun karena gagal mendapat suaka setelah pindah dari Kenya.

Seorang bibi Presiden Barack Obama, yang tidak berhasil mendapat suaka dari pemerintah AS tetapi tetap tinggal secara gelap di negara itu selama bertahun-tahun, telah meninggal dunia di negara bagian Massachusetts.

Zeituni Onyango berusia 61 tahun.

Pengacara Onyango mengatakan dia meninggal dunia di sebuah rumah sakit rehabilitasi setelah menderita kanker dan penyakit pernafasan. Dia telah sakit sejak Januari.

Onyango pindah ke Amerika Serikat dari Kenya 2000 dan ditolak suaka oleh hakim imigrasi pada 2004. Dia tidak keluar dari Amerika dan terus tinggal di perumahan warga berpenghasilan rendah di Boston. Status imigrasinya yang ilegal terungkap hanya beberapa hari sebelum Obama terpilih menjadi presiden pada November 2008.

Pada waktu itu, Obama yang pada waktu itu calon presiden mengatakan ia tidak tahu bibinya tinggal di Amerika Serikat secara gelap dan bahwa ia yakin undang-undang yang mengatur keadaannya harus dipatuhi.

Dia adalah adik tiri mendiang ayah presiden, Barack Obama Sr.
XS
SM
MD
LG