Tautan-tautan Akses

Bibi Kim Jong Un Tidak Tersentuh oleh Eksekusi Suaminya


Kim Jong Un bersama bibinya Kim Kyong Hui.

Kim Jong Un bersama bibinya Kim Kyong Hui.

Suami Kim Kyong Hui, Jang Song Thaek dieksekusi hari Kamis (12/12), setelah divonis bersalah atas pengkhianatan oleh mahkamah militer luar biasa.

Bibi berpengaruh dari penguasa Korea Utara Kim Jong Un, yang suaminya dieksekusi pekan lalu, telah ditunjuk menjadi anggota komite pemakaman kenegaraan bagi seorang pejabat senior yang meninggal hari Jumat (13/12).

Kantor berita resmi Korea Utara (KCNA) hari Minggu melaporkan Kim Kyong Hui, adik Kim Jong Il, berada dalam di antara sekelompok besar pejabat teras partai dan militer, yang menunjukkan bahwa ia tetap menjadi orang istimewa bagi keponakannya, penguasa Korea Utara.

Suami Kim dieksekusi hari Kamis, setelah divonis bersalah atas pengkhianatan oleh mahkamah militer luar biasa. KCNA mengatakan Jang Song Thaek, yang ditangkap pekan lalu, menghadapi berbagai tuduhan termasuk korupsi, berkomplot untuk menggulingkan pemerintah, main perempuan, dan penyalahgunaan alkohol dan narkoba.

Sebagian analis berspekulasi bahwa orang-orang yang dekat dengan Jang Song Thaek mungkin juga akan kehilangan posisi mereka.
XS
SM
MD
LG