Tautan-tautan Akses

Biaya untuk Program Talangan Siprus Melonjak


Presiden Siprus Nicos Anastasiades memberikan penjelasan soal krisis finansial (29/3). Masalah finansial Siprus ternyata jauh lebih parah dari perkiraan.

Presiden Siprus Nicos Anastasiades memberikan penjelasan soal krisis finansial (29/3). Masalah finansial Siprus ternyata jauh lebih parah dari perkiraan.

Siprus harus meningkatkan sumbangannya sebesar 8 miliar dolar, menjadi 17 miliar dolar untuk bisa memperoleh dana talangan 13 miliar dolar dari kreditor.

Biaya program talangan untuk Siprus meningkat tajam, kurang dari sebulan setelah para pakar keuangan internasional mengira mereka telah mengetahui besarnya masalah finansial negara itu.

Semula Siprus diyakini akan menyumbang 9 miliar dolar untuk memperoleh paket dana talangan 13 miliar dolar dari para kreditor. Tetapi analisis lebih dalam yang diungkap hari Kamis menunjukkan bahwa masalah ekonomi yang dihadapi Siprus jauh lebih parah.

Ini akan membuat Siprus terpaksa harus meningkatkan sumbangannya sebesar 8 miliar dolar, menjadi 17 miliar dolar.

Persetujuan dana talangan yang dicapai bulan lalu menetapkan ditutupnya bank terbesar kedua Siprus, Laiki, dan penyitaan 60 persen simpanan nasabah bank yang depositonya tinggi, yang banyak diantaranya adalah investor kaya dari Rusia.

Sekarang untuk menggalang lebih banyak dana, Siprus akan harus menjual sekitar tiga perempat cadangan emasnya bernilai 524 juta dolar, menaikkan pajak lagi, menjual harta negara, dan merundingkan kembali hutang dengan Rusia.
XS
SM
MD
LG