Tautan-tautan Akses

Biarawati Pengganti Bunda Teresa Meninggal di India


Suster Nirmala Joshi (kedua dari kiri) ketika menyerahkan Penghargaan Bunda Teresa untuk Keadilan Sosial untuk Dalai Lama, 2010. (Foto: Dok)

Suster Nirmala Joshi (kedua dari kiri) ketika menyerahkan Penghargaan Bunda Teresa untuk Keadilan Sosial untuk Dalai Lama, 2010. (Foto: Dok)

Perdana Menteri Narendra Modi memuji Suster Nirmala Joshi atas pengabdiannya pada pelayanan, serta kepedulian terhadap orang miskin dan kurang beruntung.

Suster Nirmala Joshi, yang menggantikan pemenang Nobel Bunda Teresa sebagai kepala Misionaris Cinta Kasih dan mengembangkan gerakan tersebut di luar negeri, meninggal dunia Selasa (23/6) dalam usia 80 tahun.

Setelah mengambil alih pimpinan ordo misionaris tersebut, menyusul kematian Bunda Teresa tahun 1997,Suster Nirmala memperluas jaringan serikat biarawati tersebut ke 134 negara dengan membuka cabang di negara-negara seperti Afghanistan, Israel dan Thailand.

Ia mundur tahun 2009 karena kesehatan yang buruk.

"Ia mendapat warisan yang besar, pengharapan yang sangat tinggi, tapi dengan kesederhanaan, curahan cinta tanpa henti dan keyakinan, ia membuktikan dirinya sendiri," ujar Sunil Lucas, direktur komunikasi Keuskupan Kalkuta. Kota ini sekarang dikenal dengan Kolkata.

Para politisi dari partai-partai politik terbesar di India memberikan penghormatan untuknya. Perdana Menteri Narendra Modi menulis di Twitter: "Hidup Suster Nirmala diabdikan pada pelayanan, kepedulian terhadap orang miskin dan kurang beruntung. Sangat berduka dengan kepergiannya."

XS
SM
MD
LG