Tautan-tautan Akses

Berupaya Hidupkan Kelompok Pemberontak, 3 Orang Ditembak Tentara Sri Lanka


Seorang warga Tamil mengamati tentara Sri Lanka saat melakukan pencarian gerilyawan Macan Tamil di wilayah Jaffna, Sri Lanka (Foto: dok).

Seorang warga Tamil mengamati tentara Sri Lanka saat melakukan pencarian gerilyawan Macan Tamil di wilayah Jaffna, Sri Lanka (Foto: dok).

Tentara Sri Lanka menewaskan tiga lelaki yang berupaya menghidupkan kembali kelompok separatis Macan Tamil, yang kalah dalam perang saudara di negara itu hampir lima tahun silam.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Ruwan Wanigasooriya menyatakan ketiga orang itu beroperasi dari hutan di kawasan Padaviya, di distrik Mullaittivu, di bagian utara. Mereka dikepung oleh tentara dan ditembak mati sewaktu berusaha meloloskan diri dari kepungan itu.

Perang saudara Sri Lanka selama seperempat abad berakhir pada Mei 2009 setelah pasukan pemerintah mengalahkan Macan Tamil, yang berjuang untuk mendirikan negara terpisah bagi etnis Tamil di bagian utara dan timur Sri Lanka. Antara 80 ribu dan 100 ribu orang tewas dalam konflik tersebut.

Polisi dalam beberapa pekan belakangan telah menangkap sekitar 60 warga sipil etnis Tamil, dan menuduh mereka memulai kembali kampanye separatis bersenjata di bagian utara dan timur Sri Lanka.

Namun para politisi Tamil menyatakan pemerintah mengeluarkan peringatan palsu agar dapat mempertahankan kehadiran militer yang kuat di bagian utara dan terus membuat rakyat ketakutan.

Pemerintah Sri Lanka mendapat kritik keras dari masyarakat internasional karena campur tangan militernya dalam kehidupan warga sipil, perebutan tanyah dan menekan kebebasan pribadi dan politik.
XS
SM
MD
LG