Tautan-tautan Akses

Bersiap untuk Pemilu, Partai Oposisi Turki Ubah Citra


Pemilu Turki

Pemilu Turki

Partai oposisi utama Turki berupaya mengubah citranya menjelang pemilu bulan depan. Ini dilakukan setelah kalah berturut-turut dari partai berkuasa yang menggambarkan pihak oposisi sebagai anti-agama.

Selin Sayek Boke adalah salah satu wajah baru sekaligus calon anggota parlemen dari partai oposisi CHP. Berbeda dari sebelumnya, partai sekuler itu kini memusatkan kampanyenya pada isu ekonomi.

“Kami memusatkan kampanye pada isu ekonomi agar bisa menjangkau publik secara lebih luas, terlepas dari suku, keyakinan, karena kita semua menghadapi satu isu yang sama yaitu ekonomi,” kata Selin.

Sayek Boke berusaha menyebarkan pesannya itu kepada para pengusaha kecil, yang biasanya adalah pendukung partai AKP yang berkuasa. Partai oposisi menjanjikan pengurangan pajak diesel dan berbagai kebijakan lain untuk menggairahkan ekonomi.

Pesan kampanye itu tampaknya mengena di sejumlah pengusaha yang mengeluhkan bisnis yang lesu.

Salah satu pedagang itu mengatakan harga yang lebih murah dan pendapatan yang lebih banyak akan membantu rakyat memenuhi kebutuhan hidup mereka. Hal itu, lanjutnya, akan kembali membawa semangat di pasar.

Video-video kampanye yang apik produksi sebuah perusahaan iklan terkemuka adalah bagian dari strategi partai CHP untuk menghilangkan citra sekulernya yang terlalu serius.

Betul Durmaz, dosen sosiologi pada Universitas Gediz di Izmir, mengatakan sejarah dan latar belakang sekuler CHP masih membuat enggan banyak pemilih. CHP adalah partai pendiri Turki yaitu Mustafa Kemal Ataturk yang sekuler. Partai itu juga mendukung pembatasan aktivitas dan lambang keagamaan seperti memakai jilbab.

“CHP dipandang seperti melarang beberapa kegiatan keagamaan di Turki. Mereka kadang mengkritik penggunaan jilbab di Turki. Karenanya, ada orang yang meragukan CHP,” kata Durmaz.

CHP menerbitkan banyak tulisan untuk menyanggah gambaran bahwa mereka anti-Muslim. Namun, Izmir sebenarnya adalah kubu kuat CHP. Penduduknya yang sekuler mendukung banyak kebijakan lama CHP yang sangat non-keagamaan.

Di kota ini, calon-calon CHP berusaha memperluas dukungan dari warga Turki yang agamis tanpa mengasingkan pendukung utama mereka. Kesuksesan melakukan hal itu akan penting dalam upaya mereka melakukan terobosan dalam pemilu.

XS
SM
MD
LG