Tautan-tautan Akses

AS

Sanders Tuntut Partai Demokrat terkait Pelanggaran Data


Bakal capres AS dari Partai Demokrat, Bernie Sanders (foto: dok).

Bakal capres AS dari Partai Demokrat, Bernie Sanders (foto: dok).

Bakal capres AS dari Partai Demokrat, Bernie Sanders melayangkan gugatan federal hari Jumat (18/12) terhadap Komite Nasional Partai Demokrat (DNC)

Kampanye kandidat Presiden Partai Demokrat Bernie Sanders melayangkan gugatan federal hari Jumat (18/12) terhadap Komite Nasional Partai Demokrat (DNC), setelah organisasi partai itu menghentikan akses kampanye Sanders pada data pemilih yang penting.

Pertikaian internal itu memuncak setelah DNC menghentikan akses Sanders dari data itu dan mengatakan kampanye kepresidenan Senator dari Vermont itu memanfaatkan kesalahan dalam piranti lunak untuk secara tidak benar mengakses informasi rahasia pemilih yang dikumpulkan oleh tim saingannya Hillary Clinton.

Gugatan ini terjadi kurang dari dua bulan menjelang pemilihan yang pertama dilakukan dan pada malam menjelang debat partai Presiden Partai Demokrat berikutnya, gugatan itu mengungkap kecurigaan lama diantara Sanders dan pendukungnya bahwa partai nasional itu secara tidak adil bekerja untuk mendukung pencalonan Clinton.

“Jelas dalam kasus ini mereka berusaha membantu kampanye Clinton,” kata manajer kampenye Jeff Weaver mengenai Komite Nasional Partai Demokrat.

Tindakan DNC itu bisa melumpuhkan kampanye Sanders tergantung lamanya larangan itu. DNC menyimpan data asli pemilih yang secara independen bisa ditambah dan dianalisa masing-masing kampanye.

Tanpa akses pada data itu, pejabat kampanye Sanders mengatakan mereka tidak bisa melakukan fungsi mendasar seperti mengidentifikasi para pendukung di Iowa atau memberitahu relawan atau siapa yang harus ditelpon untuk memilih di New Hampshire. [my/jm]

XS
SM
MD
LG