Tautan-tautan Akses

Bernanke: Pemotongan Anggaran Mendadak Rugikan Ekonomi AS


Gubernur bank sentral Amerika, Ben Bernanke, bersaksi di depan Komite Perbankan Senat AS (26/2). (AP/Carolyn Kaster)
Gubernur bank sentral Amerika, Ben Bernanke, bersaksi di depan Komite Perbankan Senat AS (26/2). (AP/Carolyn Kaster)

Gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke mengatakan pemotongan anggaran otomatis akan merugikan pemulihan ekonomi AS.

Gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke pada Selasa (26/2) mengingatkan bahwa serangkaian pemangkasan mendadak pengeluaran pemerintah akan merugikan pemulihan perekonomian yang rapuh di negara itu.

Bernanke berbicara di depan Komite Perbankan Senat tentang pemotongan anggaran milyaran dolar yang bisa diberlakukan segera, kecuali jika pihak Republik di Kongres dan Presiden Barack Obama bersama sekutunya dari Partai Demokrat mencapai kompromi.

Bernanke mengatakan pemotongan anggaran otomatis yang disebut sebagai “sequester” akan menjadi “pukulan signifikan” yang dapat merugikan pertumbuhan ekonomi.

Bernanke juga membela upaya-upaya bank sentral Amerika, Federal Reserves (The Fed), untuk memperkuat ekonomi Amerika dengan bunga yang sangat rendah dan program pembelian obligasi besar-besaran.

Ia mengatakan program itu ternyata membantu perekonomian dan para pejabat kini mengamati secara cermat tanda-tanda apakah upaya untuk memperkuat pertumbuhan Amerika itu terlalu cepat dan memicu inflasi.

Bernanke mengatakan pertumbuhan ekonomi yang lambat dalam beberapa bulan ini pada 2012 adalah masalah sementara.
XS
SM
MD
LG