Tautan-tautan Akses

Gubernur Bank Sentral AS: Ekonomi Amerika Masih Butuh Bantuan Federal


Gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke (foto: dok) menyatakan perlunya menekan pengangguran dan tingkat suku bunga, untuk menggairahkan perekonomian AS.

Gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke (foto: dok) menyatakan perlunya menekan pengangguran dan tingkat suku bunga, untuk menggairahkan perekonomian AS.

Gubernur Bank Sentral Ben Bernanke kembali mengemukakan pentingnya pengucuran dana pemerintah lewat obligasi untuk memberantas pengangguran.

Perekonomian Amerika masih jauh dari mandiri. Demikian menurut Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke, yang kembali mengemukakan proposalnya untuk mengucurkan dana pemerintah sebesar 600 miliar dolar untuk mencetak obligasi, yang diumumkan bulan lalu.

Dalam sebuah rekaman wawancara untuk acara acara 60 Minutes yang ditayangkan stasiun televisi CBS pada hari Minggu, Bernanke mengatakan dana dari pemerintah diperlukan untuk memberantas pengangguran yang terus bertambah. Tingkat pengangguran, yang menurut Bernanke, jika tidak terkendali dapat menyebabkan ekonomi kembali melambat.

Pengucuran dana pemerintah tersebut dimaksudkan untuk menurunkan suku bunga jangka panjang dan mendorong tingkat konsumsi, yang akan menggerakkan roda perekonomian.

Bernanke menambahkan bahwa tingkat pengangguran, yang sekarang mendekati 10 persen, baru akan turun mendekati tingkat normal dalam waktu empat hingga lima tahun. Tapi, ia memperingatkan bahwa tingkat suku bunga bisa melambung hingga 25 persen, jika pemerintah tidak membantu Wall Street, bank-bank dan perusahaan lainnya.

Bernanke mengatakan sepertinya tidak mungkin bagi Amerika untuk kembali tercebur ke dalam resesi dan ia 100 persen yakin bahwa, jika diperlukan, Bank Sentral dapat mengendalikan inflasi.

XS
SM
MD
LG