Tautan-tautan Akses

Bernanke Bantah Kebijakannya Akan Akibatkan Inflasi


Gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke

Gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke

Bank Sentral mengatakan pihaknya akan membeli kira-kira 75 milyar dolar obligasi pemerintah setiap bulan mulai sekarang.

Gubernur Bank Sentral Amerika Ben Bernanke mengatakan kekhawatiran bahwa rencana bank sentral untuk membantu ekonomi Amerika dapat mengobarkan inflasi, terlalu dibesar-besarkan.

Komentar Bernanke itu dikeluarkan dalam artikel opini harian Washington Post setelah keputusan Bank Sentral hari Rabu untuk menyuntikkan 600 milyar dolar lagi ke dalam pasar Amerika dengan harapan akan memajukan ekonomi.

Bank Sentral mengatakan pihaknya akan membeli kira-kira 75 milyar dolar obligasi pemerintah setiap bulan dari mulai sekarang sampai akhir Juni tahun 2011. Bank Sentral menyebutnya usaha untuk memotong angka pengangguran yang tinggi di Amerika – yang hampir mencapai 10 persen – dan menjaga supaya suku bunga tetap rendah dalam waktu yang agak lama.

Bernanke mengatakan bank sentral pernah menggunakan pendekatan ini dan berhasil melonggarkan keadaan keuangan. Bank Sentral berharap pendekatan ini akan menghasilkan hal serupa. Bernanke juga mengatakan bank sentral akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menjaga supaya inflasi tetap rendah dan stabil.

XS
SM
MD
LG