Tautan-tautan Akses

Berlusconi Jalani Operasi Jantung


Mantan PM Italia, Silvio Berlusconi sukses menjalani operasi jantung Selasa 14/6 (foto: dok).

Mantan PM Italia, Silvio Berlusconi sukses menjalani operasi jantung Selasa 14/6 (foto: dok).

Pakar bedah Dr. Ottavio Alfieri mengatakan tidak ada komplikasi dalam operasi selama empat jam yang dilakukan terhadap Silvio Berlusconi Selasa (14/6) di rumah sakit San Raffaele di Milan, Italia.

Tim dokter Silvio Berlusconi hari Rabu (15/6) mengatakan tokoh yang pernah tiga kali menjabat sebagai perdana menteri Italia itu sudah siuman dari operasi jantung untuk mengganti katup yang rusak, dan kini berada dalam kondisi sangat baik.

Bilyuner yang dikenal dengan julukan ‘’bunga-bunga’’ itu bahkan menawarkan pekerjaan kepada seorang perawat Spanyol yang merawatnya, di salah satu saluran televisi miliknya di Spanyol.

Dalam konferensi pers, pakar bedah Dr. Ottavio Alfieri mengatakan tidak ada komplikasi dalam operasi selama empat jam yang dilakukan hari Selasa (14/6) itu dan secara keseluruhan kondisi jantung Berlusconi kini sangat baik.

Meskipun masih mungkin terjadi komplikasi, "secara pribadi saya merasa sangat tenang," tambahnya.

Berlusconi yang berusia 79 tahun dilarikan ke rumah sakit San Raffaele di Milan pada 5 Juni lalu karena menderita apa yang menurut dokter pribadinya – Alberto Zangrillo – masalah katup jantung yang berpotensi fatal.

Katup aorta yang belum menutup secara benar itu telah digantikan dengan sesuatu yang terbuat dari jaringan sapi.

Zangrillo mengatakan telah melepaskan alat bantu pernafasan Berlusconi Rabu pagi dan tampaknya ia mulai pulih. [em]

XS
SM
MD
LG