Tautan-tautan Akses

Berlian Merah Muda Curi Perhatian di Jenewa, Dihargai $18 Juta


Berlian merah muda 'The Unique Pink' yang dilelang di balai lelang Sotheby's, London. (Foto: Ilustrasi)

Berlian merah muda 'The Unique Pink' yang dilelang di balai lelang Sotheby's, London. (Foto: Ilustrasi)

Sebuah berlian merah muda 17,07 karat dijual seharga US$18,3 juta pada lelang perhiasan di Jenewa, Rabu (16/11), melampaui harga perkiraan pra-penjualan dan tawaran yang memenangkan lelang untuk berlian “Sky Blue”.

Berlian merah muda yang dipasang untuk cincin di antara berlian putih segitiga itu, sebelumnya diperkirakan meraup harga maksimum 14,76 juta franc ($14,72 juta). Ternyata berlian itu dijual di balang lelang Sotheby's melebihi harga berlian “Sky Blue” 8,01 karat, yang pada pra-penjualan diperkirakan bernilai 25 juta franc dan akhirnya hanya terjual 15 juta franc.

Rumah lelang telah mengiklankan berlian “Sky Blue” sebagai barang utama yang ditawarkan, menonjolkan berlian mutu Fancy Vivid Blue dari Institut Batu Berharga Amerika.

Para penawar mengabaikan dua permata kekaisaran Rusia yang diharapkan dapat terjual masing-masing 3 sampai 5 juta franc. Disambut oleh suara penolakan oleh hadirin dari golongan berada di Jenewa Hotel di depan danau, berlian bersejarah itu gagal terjual dengan harga minimum.

Batu-batu permata itu berasal dari koleksi besar dinasti Romanov itu dan pernah disimpan di ruang berlian dari Istana Musim Dingin di Saint Petersburg. Salah satunya, kalung berlian dengan ikatan simpul gesper, dikatakan diperintahkan dibuat oleh Catherine The Great pada abat 18.

Berlian itu mendapat tawaran lelang senilai 2,3 juta franc. [ps/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG