Tautan-tautan Akses

Berlian Biru Terbesar dan Langka akan Dilelang di Hong Kong


Berlian biru tanpa cacat dengan berat 10.10 karat (kiri) akan dilelang di Hong Kong tanggal 5 April mendatang (foto: dok).

Berlian biru tanpa cacat dengan berat 10.10 karat (kiri) akan dilelang di Hong Kong tanggal 5 April mendatang (foto: dok).

Berlian biru tanpa cacat dengan berat 10.10 karat menjadi daya tarik acara pers baru-baru ini di London, Inggris.

Berlian biru terbesar berbentuk oval yang pernah dilelang itu akan dijual di Hong Kong pada 5 April.

"Berlian biru sangat langka. Apalagi lebih dari 10 karat dan tanpa cacat, berlian itu sangat istimewa," ujar Quek Chin Yeow, wakil ketua rumah lelang Sotheby untuk Asia dalam acara pers itu.

Menurut situs minerals.net, umumnya berlian yang digunakan sebagai batu permata, tidak berwarna atau memiliki warna yang sangat samar. Namun, berlian berwarna, yang dikenal sebagai "fancies" atau mewah bisa sangat langka dan mahal. Batu permata paling mahal sejauh ini adalah berlian mewah.

Berlian yang ditambang di Afrika Selatan itu adalah salah satu koleksi 11 cut dari produsen perhiasan mewah De Beers di London tahun 2000.

Hanya satu berlian seperti itu yang pernah muncul di pasar, dijual di Sotheby Hong Kong dengan harga lebih dari enam juta dolar pada April 2010.

Permata langka itu akan mengawali penjualan musim semi Sotheby Hong Kong setelah dipamerkan di London, Jenewa, New York, Singapura dan Taipei.

Diperkirakan, berlian itu akan laku antara 30-35 juta dolar. [ka/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG