Tautan-tautan Akses

Berlian Besar Mungkin Akan Terjual Dengan Harga $70 Juta Lebih


Berlian 1109 karat “Lesedi La Rona” diperagakan oleh Balai Lelang Sotheby. New York, AS. (REUTERS/Lucas Jackson)
Berlian 1109 karat “Lesedi La Rona” diperagakan oleh Balai Lelang Sotheby. New York, AS. (REUTERS/Lucas Jackson)

Lesedi la Rona, salah satu berlian terbesar akan dilelang kepada masyarakat umum oleh balai lelang Sotheby. Berlian ini diperkirakan akan terjual lebih dari $70 juta.

Bagi kita dengan mata awam, kristal besar yang indah ini tampak seperti sesuatu yang mungkin dapat dipajang. Tapi bagi para ahli berlian, ini merupakan sebuah berlian terbesar abad ini diantara permata-permata yang ditemukan selama lebih dari 100 tahun belakangan.

Permata berusia tiga miliar tahun itu, digali bulan November lalu di Botswana oleh sebuah perusahaan tambang milik Kanada di negara Afrika Selatan, ukurannya kira-kira sebesar bola tenis. Rumah lelang terkenal, Sotheby’s, akan menawarkan berlian itu untuk dijual kepada masyarakat umum pada tanggal 29 Juni, diperkirakan akan terjual paling tidak dengan harga $70 juta.

"Ini batu permata yang indah dan dramatis," kata David Bennett, ketua divisi perhiasan Sotheby’s. "Ini sulit dipercaya," tambahnya dalam acara yang memamerkan berlian itu Rabu lalu di markas Sotheby’s di New York. Berlian itu diberi nama Lesedi la Rona, dalam bahasa nasional Botswana, artinya "cahaya kami," berlian itu juga dipamerkan hari Sabtu di New York bagi masyarakat untuk melihatnya.

Batu berlian ini sangat besar ukurannya. Berlian 1.109 karat ini berukuran 65 milimeter kali 56 milimeter kali 40 milimeter. "Ini luar biasa," kata Bennett. "Ukuran besarnya saja sulit dipahami."

Dan juga keindahan berlian kasar ini memiliki kualitas dan transparansi luar biasa - dan bisa menjadi berlian terbesar berkualitas tertinggi yang pernah dipotong dan dipoles.

"Anda bisa membayangkan permata-permata luar biasa dapat dihasilkan dari potongan berlian ini," kata Bennett.

Meskipun ukurannya sangat besar, ini bukan berlian terbesar dengan berkualitas permata yang pernah ditemukan. Berlian “Cullinan” 3.106 karat ditemukan di sebuah tambang di Afrika Selatan tahun 1905. Berlian itu dipotong menjadi sembilan batu permata, potongan terbesar menjadi bagian dari permata mahkota Inggris, termasuk "First Star of Africa", yang menghiasi Royal Scepter atau Tongkat Kerajaan. [zb/al]

XS
SM
MD
LG