Tautan-tautan Akses

Berkunjung ke 'Music Box', Desa Pembuat Musik di New Orleans, Amerika

  • Selah Hennessy

Taylor Lee Shepherd menunjukkan kreasinya, yaitu komputer yang ditempelkan pada dinding pondok kayu untuk merekam suara dan bisa dimainkan kembali.

Taylor Lee Shepherd menunjukkan kreasinya, yaitu komputer yang ditempelkan pada dinding pondok kayu untuk merekam suara dan bisa dimainkan kembali.

Music Box merupakan sebuah desa kecil di negarabagian New Orleans, di mana sejumlah pondok kayu kecil membuat musik sepanjang hari.

Ditempel ke dinding gubuk kayu kecil adalah sebuah komputer yang merekam suara dan siap dimainkan kembali. Seniman Taylor Lee Shepherd menjelaskan kreasinya.

Ia mengatakan, "Apa yang baru saja saya mainkan adalah suara saya dan kemudian saya edit dan saya putar berulang kali. Alat ini sangat serbaguna. Kita bisa memasukkan suara apa pun ke dalam mixer itu dan membuat apa pun yang kita inginkan. Gagasan saya adalah membuat semacam paduan suara dan merekam suara-suara di balik dinding."

Peralatan musik Shepherd itu ditempatkan di sebuah gubuk kecil yang dibangun di sebuah jalan perumahan di New Orleans.

Sebuah pondok abad ke-18 pernah berdiri di tanah itu. Ketika pondok itu roboh sejumlah seniman datang dan memanfaatkan kayu tua itu.

Kini di tempat itu terdapat sekumpulan gubuk kecil yang merupakan instrumen musik atau memiliki instrumen musik di dalamnya.

Ada tembok yang bergemerincing… dan sebuah gubuk yang menciptakan melodi.

Ratusan pengunjung baik lokal maupun dari luar kota telah mengunjungi Music Box dan memainkan instrumennya.

Di dalam salah satu pondok para pengunjung memainkan perkakas rumah tangga, seperti kantong plastik dan ember cat, yang dijadikan drum.

Renee, pengunjung dari Kota New York, mengatakan, "Ini bukan sekedar drum konvensional, di mana drum-drumnya ada di depan kita, melainkan di sekitar kita. Jadi, terdengar suara di mana-mana di sekitar kita dan semuanya terjadi pada waktu yang bersamaan. Saya memainkannya dengan orang-orang lain di Music Box, kemudian kita mencoba untuk memusatkan perhatian pada yang suara paling keras sehingga semua orang dapat mendengar apa yang kita mainkan."

Josh Fast membuat musik dengan menaiki tangga spiral. "Ketika saya berjalan naik tangga ini dan mengitari tangga silinder ini ada beberapa pedal kaki yang berbeda untuk diinjak dan itu akan mengeluarkan suara dan nada yang berbeda, dan saya harus terus bergerak untuk menjaga agar irama atau musik terus berjalan," tuturnya.

Martin Delaney, kurator proyek itu mengatakan, 23 seniman yang bekerja di Music Box ingin membuat properti-properti yang tidak mendapat perhatian di New Orleans menjadi hidup. Kota Pantai Teluk itu adalah salah satu komunitas tertua di Amerika, dan terkenal sebagai pusat jazz dan jenis musik Amerika lainnya.

"Di New Orleans ada banyak rumah yang sangat tua, berderit-derit dan bolong-bolong, dan mengeluarkan suara tertentu. Di sini juga ada banyak musisi yang semuanya tinggal di rumah-rumah ini dan mereka bisa mendengar tetangga mereka memainkan musik atau bernyanyi. Dari semua kota di Amerika, saya rasa sebuah rumah musik di New Orleans adalah yang paling sesuai," ujarnya.

Music Box adalah struktur sementara. Delaney berencana untuk membongkar kota kumuh itu dan membangun sebuah rumah musik di situ.

XS
SM
MD
LG