Tautan-tautan Akses

AS

Sersan Bergdahl Kembali Berdinas Aktif


Sersan Bowe Bergdahl kembali berdinas aktif di militer Amerika (foto: dok).

Sersan Bowe Bergdahl kembali berdinas aktif di militer Amerika (foto: dok).

Sersan Bowe Bergdahl yang disandera oleh Taliban di Afghanistan selama lima tahun, telah kembali berdinas aktif di militer Amerika.

Juru bicara militer Amerika hari Senin (14/7) mengatakan Bergdahl telah menyelesaikan tahap final proses reintegrasi dan kini ditugaskan di Pangkalan Bersama Gugus Militer Amerika di Utara – tepatnya di San Antonio – Fort Sam Houston – Texas, di mana ia bisa “berkontribusi pada misi tersebut”.

Militer Amerika mengatakan sebuah penyelidikan tentang fakta-fakta dan kondisi terkait hilangnya Bergdahl dan penangkapan Taliban masih berlangsung.

Beberapa pejabat militer Amerika mengatakan Bergdahl meninggalkan pos-nya di Afghanistan tahun 2009. Beberapa mitranya ketika sama-sama berdinas mengatakan Bergdahl dengan sukarela meninggalkan unitnya.

Taliban-Afghanistan membebaskan sersan itu pada 31 Mei sebagai bagian dari pertukaran tahanan dengan lima pemimpin Taliban yang sebelumnya ditahan di tahanan militer Amerika di Teluk Guantanamo – Kuba. Kelima tahanan itu kemudian dikirim ke Qatar.

Sejak tiba di Amerika, Bergdahl telah dirawat di sebuah rumah sakit militer dan rawat jalan di Pusat Medis Militer Brooke di Fort Sam Houston – Texas.

XS
SM
MD
LG