Tautan-tautan Akses

Bentrokan Sengit Terjadi di Ibukota Yaman


Seorang tentara Yaman yang membelot, membantu mengangkat seorang demonstran anti pemerintah yang terluka dalam bentrokan di Sana'a (18/10).

Seorang tentara Yaman yang membelot, membantu mengangkat seorang demonstran anti pemerintah yang terluka dalam bentrokan di Sana'a (18/10).

Pasukan pemerintah Yaman bentrok dengan para pengikut Ali Mohsen al-Ahmar, jenderal Yaman yang bergabung dengan oposisi.

Bentrokan sengit berkobar di dua front di ibukota Yaman Sana’a hari Sabtu, sehari setelah PBB menyetujui resolusi mengutuk tindakan keras pemerintah Yaman terhadap demonstran.

Para saksi mata mengatakan tentara merazia kampung-kampung tempat tinggal para anggota keluarga tokoh kesukuan oposisi Sheik Sadeq al-Ahmar. Dikatakan, asap tampak mengepul di beberapa tempat.

Di bagian lain Sana’a, pasukan pemerintah bentrok dengan para pengikut Ali Mohsen al-Ahmar, seorang jenderal Yaman yang bergabung dengan oposisi.

Resolusi PBB hari Jumat itu adalah yang pertama mengenai Yaman sejak protes menentang presiden Ali Abdullah Saleh mulai merebak tahun ini.

Resolusi itu mengatakan bahwa tentara Yaman menggunakan kekuatan berlebihan terhadap demonstran, dan mereka yang bertanggung jawab atas kekerasan dan pelanggaran hak asasi harus menanggung konsekuensinya.

Resolusi itu juga menegaskan lagi dukungan untuk prakarsa Dewan Kerjasama Teluk yang menetapkan Saleh menyerahkan kekuasaan kepada penjabat sementara dengan imbalan kekebalan dari tuntutan hukum.

XS
SM
MD
LG