Tautan-tautan Akses

Bentrokan Antar Pemberontak di Kongo Timur, 80 Tewas


Tentara pemberontak Kongo dari kelompok FARDC kehilangan kontrol atas kota Kitchanga di provinsi Kivu utara (foto: dok).

Tentara pemberontak Kongo dari kelompok FARDC kehilangan kontrol atas kota Kitchanga di provinsi Kivu utara (foto: dok).

Pemberontak dari Aliansi Patriot bagi Kongo Merdeka dan Berdaulat (APCLS) merebut kembali kota Kitchanga dari kelompok pemberontak FARDC.

PBB mengatakan bentrokan antar kelompok-kelompok pemberontak yang bersaingan di Republik Demokratik Kongo timur mengakibatkan sedikitnya 80 orang tewas.

Wakil juru bicara PBB Eduardo del Buey mengatakan pertempuran itu terjadi hari Minggu di kota Kitchanga, di provinsi Kivu Utara.

Dia mengatakan pemberontak dari Aliansi Patriot bagi Kongo Merdeka dan Berdaulat atau APCLS, merebut kembali kota itu dari kelompok pemberontak, FARDC.

Del Buey mengatakan sekitar 100 orang terluka dalam bentrokan itu.

Buey menggambarkan situasi di Kivu Utara "sangat tidak stabil” dan menambahkan bahwa perpecahan dalam kelompok pemberontak M23 dan serangan oleh unsur-unsur APCLS telah memaksa ribuan orang mengungsi dari rumah mereka untuk menyelamatkan diri. Banyak di antaranya mengungsi ke basis setempat misi PBB.
XS
SM
MD
LG