Tautan-tautan Akses

Bentrokan Maut Terjadi di Seluruh Libya Hari Kamis


Para demonstran pro pemimpin Libya Moammar Gadhafi melakukan unjuk rasa tandingan di ibukota Tripoli (17/2).

Para demonstran pro pemimpin Libya Moammar Gadhafi melakukan unjuk rasa tandingan di ibukota Tripoli (17/2).

Situs-situs internet anti-Gadhafi melaporkan bahwa demonstran Libya turun ke jalan-jalan di 4 kota dan sedikitnya 7 orang tewas.

Bentrokan maut terjadi di seluruh Libya hari Kamis setelah para penentang pemimpin Moammar Gadhafi menyerukan demonstrasi protes di seluruh negara tersebut.

Situs-situs internet anti-Gadhafi dan para aktivis melaporkan bahwa demonstran Libya turun ke jalan-jalan di 4 kota dan paling sedikit 7 orang telah tewas. Beberapa situs internet dan para pemimpin di pengasingan mengatakan pihak berwenang telah mengerahkan penembak jitu militer dan komando untuk menindas kerusuhan.

Video-video yang beredar dalam situs media sosial, Facebook, menunjukkan demonstran membakar pusat penahanan Rabu malam dan ratusan demonstran berbaris Kamis sore di jalan utama di kota Benghazi, Libya timur, dengan meneriakkan semboyan anti-Gadhafi. Demonstrasi juga dilaporkan di Zentan, Rijban dan Shahat.

Laporan lain, termasuk dari kelompok hak azasi internasional Amnesty International, mengatakan pasukan keamanan melepaskan tembakan terhadap demonstran di al-Bayda, 100 kilometer sebelah timur Benghazi, menewaskan paling sedikit satu orang.

Laporan-laporan tersebut tidak mungkin diperiksa kebenarannya karena wartawan asing dilarang memasuki negara itu.

Sementara itu, media pemerintah menunjukkan ratusan pendukung pemerintah yang berkumpul hari Kamis di ibukota Tripoli, melambaikan bendera hijau dan meneriakkan dukungan pada Gadhafi.

XS
SM
MD
LG