Tautan-tautan Akses

Bentrokan Kembali Pecah di Kyiv Pasca Gencatan Senjata


Demonstran anti-pemerintah Ukraina di Lapangan Merdeka, Kyiv, Ukraina (20/2).

Demonstran anti-pemerintah Ukraina di Lapangan Merdeka, Kyiv, Ukraina (20/2).

Uni Eropa akan mengadakan pertemuan darurat di Brussels untuk membahas kemungkinan sanksi terhadap mereka yang bertanggung jawab atas kerusuhan di Ukraina, Kamis (20/2).

Bentrokan baru pecah antara demonstran anti-pemerintah dan polisi Ukraina di Kyiv, beberapa jam setelah Presiden Viktor Yanukovych mengumumkan gencatan senjata dengan para pemimpin oposisi. Saksi mata mengatakan beberapa mayat terlihat tergeletak di dekat lokasi demonstrasi.

Tiga menteri luar negeri Uni Eropa dijadwalkan akan bertemu dengan presiden di Kyiv hari Kamis (20/2), tetapi ada laporan yang saling bertentangan tentang apakah pembicaraan itu dibatalkan karena kekerasan baru tersebut.

Uni Eropa akan mengadakan pertemuan darurat di Brussels untuk membahas kemungkinan sanksi terhadap mereka yang bertanggung jawab atas kerusuhan tersebut.

Bentrokan antara demonstran anti-pemerintah dan polisi telah meningkat pekan ini, menewaskan sedikitnya 28 orang tewas, 287 lainnya dirawat di rumah sakit - termasuk 88 polisi, enam wartawan, dan seorang anggota parlemen.

Presiden Yanukovych dan para pemimpin protes anti-pemerintah telah menyepakati gencatan senjata hari Rabu. Sebuah pernyataan di situs Presiden Viktor Yanukovych mengatakan pihaknya bertujuan hendak "mengakhiri pertumpahan darah dan menstabilkan situasi untuk kepentingan perdamaian sosial." Pernyataan ini tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Namun, kantor berita Interfax Ukraina mengutip pemimpin oposisi Vitali Klitschko mengatakan ia telah diyakinkan tidak akan ada upaya pemerintah lebih lanjut menyerbu perkemahan protes besar di pusat kota Kyiv.

Pengumuman gencatan senjata terjadi kurang dari sehari setelah polisi anti huru hara menyerbu kamp darurat itu, memicu pertempuran selama beberapa jam dan kecaman luas dari ibukota negara-negara Barat.
XS
SM
MD
LG