Tautan-tautan Akses

Bentrokan Hebat Berlangsung di Suriah, Dekat Perbatasan Lebanon


Para pejuang lasykar pembebasan Suriah mengangkut komandan mereka yang tewas di kota Qusair, provinsi Homs (25/3). Pertempuran meningkat selama dua pekan terakhir di kota ini.

Para pejuang lasykar pembebasan Suriah mengangkut komandan mereka yang tewas di kota Qusair, provinsi Homs (25/3). Pertempuran meningkat selama dua pekan terakhir di kota ini.

Bentrokan di sekitar kota Qusair di provinsi Homs, daerah strategis dekat perbatasan Lebanon, meningkat selama dua pekan terakhir.

Pasukan Suriah yang didukung milisi bersenjata pro-pemerintah merebut sedikitnya satu desa dalam pertempuran hebat hari Sabtu di daerah strategis dekat perbatasan Lebanon.

Pertempuran berlangsung sementara para pejabat Amerika mengatakan pemerintahan Obama siap mengirim jutaan dolar bantuan bukan senjata untuk pemberontak yang berupaya menggulingkan Presiden Bashar al-Assad.

Bentrokan di sekitar kota Qusair di provinsi Homs meningkat selama dua pekan terakhir sementara militer Suriah, dibantu milisi pro-pemerintah yang didukung kelompok militan Lebanon, Hizbullah, melanjutkan upayanya merebut kembali wilayah di daerah perbatasan.

Kawasan perbatasan di dekat ibukota provinsi, Homs, bernilai strategis karena daerah itu menghubungkan Damaskus dengan satu daerah kantung di pesisir yang menjadi daerah utama Alawit Suriah, dan lokasi dua pelabuhan utama negara itu, Latakia dan Tartus.

Rezim Suriah didominasi oleh masyarakat minoritas Alawit, cabang Islam Syiah, sedangkan mayoritas pemberontak adalah Muslim Sunni.

Dewan Keamanan PBB telah mengalami kebuntuan mengenai perang Suriah selama berbulan-bulan. Negara-negara Barat dan banyak negara Arab menuding pemerintah Assad bertanggungjawab atas konflik di Suriah.
XS
SM
MD
LG