Tautan-tautan Akses

Bentrokan Etnis di Kenya Tewaskan 11 Orang


Dua etnis di Kenya terlibat konflik karena memperebutkan lahan subur di kawasan Tana River delta di Kenya timur (foto: dok).

Dua etnis di Kenya terlibat konflik karena memperebutkan lahan subur di kawasan Tana River delta di Kenya timur (foto: dok).

Serangan itu tampaknya merupakan pembalasan atas serangan bulan Agustus oleh orang-orang Pokomo terhadap permukinan Orma akibat sengketa lahan.

Kawanan pria bersenjata di Kenya tenggara telah menewaskan 11 orang dalam serangan belasan yang merupakan bagian dari sengketa lama antar etnis memperebutkan lahan beternak dan air.

Palang Merah Kenya dan pejabat pemerintah mengatakan orang-orang dari komunitas Orma melakukan serangan terhadap suku Pokomo Jumat dinihari di wilayah Tana Delta yang terpencil di provinsi Pantai.

Serangan itu tampaknya merupakan pembalasan atas serangan bulan Agustus oleh orang-orang Pokomo terhadap permukinan Orma di wilayah yang sama yang menewaskan lebih dari 50 orang. Ketegangan tetap tinggi di antara kedua masyarakat itu meskipun ada upaya pemerintah menengahi kesepakatan damai.

Kedua komunitas selama ini saling berebut sumber daya selama bertahun-tahun, tetapi para pejabat percaya ada juga unsul politik yang berperan. Menteri pertahanan Kenya telah memerintahkan investigasi terhadap seorang asisten menteri yang dituduh memprovokasi kekerasan di wilayah itu.

Bentrokan-bentrokan antara kelompok-kelompok penggembala itu juga dipicu oleh sengketa tanah, lahan penggembalaan, atau sumber air.
XS
SM
MD
LG