Tautan-tautan Akses

Bentrokan Pasukan Suriah dan Oposisi Terus Berlangsung


Pertempuran antara pasukan pemerintah Suriah dan oposisi masih terus berlangsung hari Minggu 15/7 (foto: dok).

Pertempuran antara pasukan pemerintah Suriah dan oposisi masih terus berlangsung hari Minggu 15/7 (foto: dok).

Para aktivis oposisi Suriah mengatakan, sedikitnya 14 orang tewas dalam berbagai bentrokan antara pasukan pemerintah dan pemberontak hari Minggu (15/7).

Kantor Suriahn Observatory for Human Rights di London mengatakan, pasukan pemerintah melancarkan bombardemen atas kota-kota Hama, Homs, Aleppo, Deraa dan Deir Ezzor, dan juga kawasan di sekitar ibukota Damaskus. Tapi angka-angka korban tewas dan cedera tidak bisa dikonfirmasi secara independen.

Aksi kekerasan terjadi setelah pemerintah Suriah membantah pasukannya menggunakan senjata berat dan pesawat terbang dalam bentrokan melawan pemberontak di desa Tremseh minggu lalu.

Kata jurubicara Kementerian Luar Negeri, aksi kekerasan di Tremseh bukanlah pembantaian, tapi operasi untuk melawan pejuang-pejuang bersenjata. Katanya lagi, 39 orang tewas dalam insiden hari Kamis itu, termasuk dua warga sipil. Tapi para aktivis mengatakan, korban tewas mencapai 150 orang.

Jurubicara PBB Sausan Ghosheh mengatakan, serangan itu tampaknya ditujukan atas rumah-rumah para aktivis dan pembelot militer. Ghosheh mengatakan, senjata-senjata berat tampaknya telah digunakan dalam operasi itu, dan ini melanggar peraturan yang dikeluarkan Dewan Keamanan PBB.
XS
SM
MD
LG