Tautan-tautan Akses

Bentrokan di Suriah Akibatkan Aliran Air Bagi Warga Terputus


Pertempuran di Aleppo, Suriah, 7 September. (Foto: AP)

Pertempuran di Aleppo, Suriah, 7 September. (Foto: AP)

Pasokan air untuk warga di pusat bisnis di Suriah terputus setelah pipa air utama rusak dalam pertempuran sengit.

Pasokan air untuk warga di Aleppo, pusat bisnis di Suriah, terputus Sabtu (8/9) setelah pipa air utama rusak dalam pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan pemberontak.

Aktivis oposisi mengatakan pipa itu terhantam ketika pasukan Suriah menggempur sasaran-sasaran yang menjadi kubu pemberontak. Para pejabat Suriah menuduh pemberontak melakukan sabotase dalam insiden itu, yang mengakibatkan beberapa bagian kota itu tanpa air.

Juga pada Sabtu, beberapa roket yang ditembakkan dari Suriah jatuh di sebuah kota perbatasan dengan Irak, menewaskan seorang gadis berusia lima tahun. Tidak jelas siapa yang menembakkan roket-roket itu.

Sementara itu, upaya-upaya diplomatik sedang dilakukan untuk menyelesaikan krisis anti-pemerintah 18 bulan di Suriah, konflik yang telah menewaskan 20.000 orang dan memaksa ribuan orang mengungsi.

Pada Sabtu, para menteri luar negeri Uni Eropa yang bertemu di Siprus sepakat dengan upaya-upaya meningkatkan sanksi terhadap Suriah.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton mendesak kelompok-kelompok oposisi Suriah agar berkolaborasi. Ia mengatakan penting bagi warga Suriah untuk merasa bahwa mereka adalah "bagian dari masa depan."

Uni Eropa juga menjanjikan kerjasama dengan Lakhdar Brahimi, utusan baru PBB-Liga Arab untuk Suriah. Ia dijadwalkan membahas krisis Suriah dengan para pejabat Liga Arab di Kairo Minggu.
XS
SM
MD
LG