Tautan-tautan Akses

Bentrokan di Parlemen Turki, 5 Anggota Terluka


Suasana ruang sidang parlemen Turki di Ankara (Foto: dok).

Suasana ruang sidang parlemen Turki di Ankara (Foto: dok).

Perkelahian di gedung parlemen Turki terjadi Rabu pagi (18/2) pada saat para legislator oposisi berusaha menunda dimulainya perdebatan sebuah RUU keamanan yang kontroversial.

Laporan dari parlemen Turki dan media menyebutkan lima legislator luka dalam perkelahian yang pecah di Parlemen, dalam waktu mana kursi-kursi beterbangan dan anggota-anggota parlemen dipukul dengan palu dan lonceng ketua parlemen.

Kantor berita resmi Anadolu Agency mengatakan perkelahian itu terjadi Rabu pagi (18/2) sewaktu para legislator oposisi berusaha menunda dimulainya perdebatan sebuah RUU keamanan yang kontroversial, yang akan memberikan kekuasaan menggeledah dan menangkap lebih luas kepada pihak kepolisian.

Perkelahian tadi terjadi ketika diadakan sebuah rapat tertutup setelah pihak oposisi mengajukan beberapa mosi yang tidak relevan demi untuk menghambat RUU itu.

Ertugrul Kurkcu dari partai pro-Kurdi mengungkapkan, kursi-kursi para stenografer dilempar dan dua legislator dipukul dengan palu dan lonceng. Dua legislator itu dirawat di rumah sakit, sementara Kurkcu dan dua orang lainnya diobati di klinik Parlemen.

XS
SM
MD
LG