Tautan-tautan Akses

Bentrokan di Damaskus Berlanjut


Pasukan pemerintah Suriah siaga di pusat kota Damaskus, Senin (16/7). Bentrokan di ibukota Damaskus berlanjut untuk hari ketiga.

Pasukan pemerintah Suriah siaga di pusat kota Damaskus, Senin (16/7). Bentrokan di ibukota Damaskus berlanjut untuk hari ketiga.

Para aktivis Suriah mengatakan bentrokan antara pemberontak dan pasukan pemerintah di ibukota Damaskus, berlanjut untuk hari ketiga.

Bentrokan antara pemberontak dan pasukan pemerintah di ibukota, Damaskus merupakan periode pertempuran terberat di kota itu sejak pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad dimulai.

Video amatir yang dimuat di internet Selasa menunjukkan, penduduk Damaskus yang panik bergegas meninggalkan daerah-daerah pertempuran sebelumnya pekan ini. Video tersebut belum dikukuhkan secara independen.

Sementara itu pemerintah Irak meminta warganya di Suriah, yang umumnya pengungsi, agar segera pulang untuk menghindari kekerasan yang kian meningkat.

Pertempuran terbaru itu berlangsung sementara Dewan Keamanan PBB memperdebatkan dua resolusi yang bersaing mengenai Suriah.

Inggris, Perancis, Jerman dan Amerika Serikat mendorong pembaharuan 45-hari bagi misi pengamat PBB di Suriah bersama dengan ancaman sanksi terhadap pemerintah Assad. Usulan Rusia menyerukan perpanjangan misi, tapi tanpa sanksi.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengunjungi Tiongkok, sementara utusan PBB Kofi Annan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.
Sebelum memulai pertemuan tertutup mereka hari Selasa, Presiden Putin bersumpah Rusia akan melakukan semampunya untuk mendukung rencana Annan mengakhiri konflik. Annan mengatakan krisis Suriah berada dalam saat kritis.

Rusia dan Tiongkok sebelumnya telah memveto resolusi Dewan Keamanan yang didukung Barat yang menyerukan tindakan keras terhadap Suriah.
XS
SM
MD
LG