Tautan-tautan Akses

Bentrokan Baru di Kawasan Damaskus Hambat Pengiriman Bantuan


Yarmouk

Yarmouk

Pengiriman bahan makanan bagi penduduk di Damaskus Selatan yang diblokade terhenti setelah gencatan senjata gagal dan bentrokan pecah antara pemberontak Suriah dan pasukan yang setia kepada pemerintah.

Bentrokan yang pecah Minggu siang dan berlangsung hingga Senin pagi itu merupakan kekerasan paling serius dalam beberapa pekan ini di distrik Yarmouk yang didominasi warga Palestina. Bentrokan tersebut juga mengacaukan perjanjian gencatan senjata sementara di sana yang dicapai Januari lalu.

Juru bicara PBB di Damaskus, Chris Gunnes, mendesak semua pihak agar segera mengizinkan dimulainya kembali pengiriman bantuan ke daerah yang warganya banyak mengalami malnutrisi itu.

Ia mengemukakan PBB menyatakan sangat prihatin atas situasi kemanusiaan di Yarmouk dan bahwa meningkatnya ketegangan serta pengerahan pasukan bersenjata telah mengacaukan upaya-upaya PBB untuk melenyapkan penderitaan warga sipil.

Para aktivis memperkirakan lebih dari seratus orang meninggal karena kelaparan atau penyakit-penyakit terkait kelaparan sejak blokade dimulai hampir setahun silam, yang mencegah masuknya bantuan makanan dan obat-obatan ke Yarmouk.
XS
SM
MD
LG