Tautan-tautan Akses

Bentrokan Antara Pendukung Klub Sepakbola Pecah di Perancis


Polisi membubarkan keributan di Marseille setelah pertandingan antara Inggris melawan Rusia.

Polisi membubarkan keributan di Marseille setelah pertandingan antara Inggris melawan Rusia.

Bentrokan dengan kekerasan antara penggemar klub sepakbola yang bersaingan pecah di dua kota Perancis hari Sabtu (11/6), yang menodai turnamen internasional itu dan menimbulkan lagi pertanyaan mengenai keamanan di turnamen tersebut.

Lebih dari 35 orang luka-luka di Marseille setelah ratusan penggemar sepaknola Inggris dan Rusia melemparkan botol-botol bir dan kursi satu sama lain, dan polisi kewalahan menguasai beberapa pertengkaran dengan kekerasan yang pecah di jalan-jalan sempit sekeliling stadion Velodrome.

Kemudian, setelah kedua kesebelasan mengakhiri pertandingan seri 1-1, para pendukung Rusia menyerbu ke sisi Inggris, dan para penonton terpaksa menjauhi diri,memanjat pagar dan dengan sangat cemas berusaha melarikan diri.

Sementara itu, di kota pantai laut Tengah negara itu, Nice, 7 orang lagi cedera dalam kekerasan yang terjadi antara pendukung klub sepakbola Northern Irish dan penduduk setempat.

Badan pengurus sepakbola Eropa, UEFA, mengutuk kekerasan tersebut, dengan mengatakan “orang yang melakukan tindak kekerasan demikian tidak mempunyai tempat dalam sepakbola.”

Sekarang, tim Rusia menunggu kemungkinan sanksi setelah tindakan para penggemarnya. Empat tahun yang lalu di Polandia, setelah penggemar Rusia melakukan kekerasan serupa dalam Euro 2012, tim tersebut dikenakan hukuman 6 poin yang ditangguhkan. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG