Tautan-tautan Akses

Bentrokan Antar Fraksi Pemberontak Suriah, 5 Tewas


Tank militer Suriah terbakar dalam bentrokan di luar Damaskus. (Foto: Dok)

Tank militer Suriah terbakar dalam bentrokan di luar Damaskus. (Foto: Dok)

Bentrokan di antara kelompok pemberontak, khususnya antara fraksi ekstremis terkait al-Qaida dan unit-unit yang lebih moderat, semakin sering terjadi.

Pemberontak terkait al-Qaida bertempur menghadapi pemberontak oposisi Suriah yang lebih moderat di sebuah kota dekat perbatasan dengan Irak pada Sabtu, (14/9), menewaskan paling sedikit lima orang. Ini merupakan bentrokan terakhir dalam pertikaian di kalangan pasukan yang menentang rezim Presiden Bashar al-Assad.

Bentrokan di antara kelompok pemberontak, khususnya antara fraksi ekstremis terkait al-Qaida dan unit-unit yang lebih moderat, semakin sering terjadi dalam bulan-bulan terakhir, sehingga melemahkan sasaran utama oposisi untuk menggulingkan Asad.

Kelompok hak asasi manusia Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris, Sabtu mengatakan, pertempuran terjadi di al-Boukamal antara Irak dan Levant yang terkait al-Qaida dan kelompok pemberontak yang tidak ekstrim.

Direktur Observatory Rami Abdul Rahman mengatakan, pemberontak yang lebih moderat menyuarakan tuntutan lewat pengeras suara mesjid Jumat agar kelompok ekstremis meninggalkan Boukamal. Ketika menjadi jelas bahwa kelompok ekstremis tidak bermaksud meninggalkan pos mereka, kelompok pemberontak moderat melakukan serangan, kata Abdul Rahman.

Belum jelas apa yang memicu pemberontak moderat untuk mengusir pemberontak ekstremis itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG