Tautan-tautan Akses

Ukraina Peringati 25 Tahun Bencana Nuklir Chernobyl


Peringatan 25 tahun bencana Chernobyl di Kiev, Selasa (26/4).

Peringatan 25 tahun bencana Chernobyl di Kiev, Selasa (26/4).

Peringatan dimulai di ibukota, Kiev, dengan pembunyian lonceng gereja tepat pada saat PLTN Chernobyl meledak seperempat abad lalu..

Ukraina memperingari ulang tahun peristiwa yang mengerikan yang terjadi 25 tahun lalu, ketika ledakan maut di PLTN Chernobyl menimbulkan bencana nuklir terburuk sepanjang sejarah.

Peringatan dimulai tengah malam di Kiev ketika pemimpin gereja Rusia Ortodoks Kirill membunyikan lonceng tepat pada saat PLTN Chernobyl meledak pada tanggal 26 April, tahun 1986.

Kirill dan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych juga mengenang para korban dengan doa dan upacara penyalaan lilin. Presiden Rusia Dmitry Medvedev akan menghadiri acara ini nanti di Chernobyl.

Ledakan Chernobyl melepaskan 400 kali lebih banyak radiasi daripada bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima tahun 1945. Ledakan ini menimbulkan kejatuhan awan radioaktif di Rusia, Belarus dan kawasan yang besar di Eropa.

Ledakan awal menewaskan dua orang. Radiasi menewaskan 30 lainnya dalam bulan-bulan berikutnya. Organisasi Kesehatan Dunia yakin bahwa kira-kira 4.000 orang beberapa lama kemudian mungkin meninggal akibat kecelakaan tersebut.

Bencana ini menimbulkan perdebatan global yang tidak henti-hentinya mengenai keamanan energi nuklir sebagai sumber tenaga, perdebatan yang telah memanas lagi sejak gempa bumi merusak pembangkit nuklir yang rusak bulan lalu di Jepang

XS
SM
MD
LG