Tautan-tautan Akses

AS

Beli Lucasfilm, Disney Akan Produksi Film "Star Wars" Terbaru


Presiden dan CEO Walt Disney Co. Bob Iger (kiri) dan pencipta "Star Wars" George Lucas dalam sebuah acara di Disney World, Florida. (Foto: Dok)

Presiden dan CEO Walt Disney Co. Bob Iger (kiri) dan pencipta "Star Wars" George Lucas dalam sebuah acara di Disney World, Florida. (Foto: Dok)

Walt Disney Co. membeli perusahaan film milik George Lucas dan akan memproduksi trilogi "Star Wars" terbaru.

Satu dekade setelah pembuat film George Lucas mengatakan bahwa film “Star Wars” tidak akan diproduksi lagi untuk layar lebar, sebuah trilogi baru akan muncul di teater menyusul pengumuman dari Walt Disney Co. pada Selasa (30/10) bahwa perusahaan itu akan membeli Lucasfilm Ltd.

Disney telah setuju membeli perusahaan milik George Lucas tersebut berikut waralaba “Star Wars” dengan harga US$4,05 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Film terbaru dengan judul sementara “Episode 7” dijadwalkan keluar pada 2015, disusul oleh Episode 8 dan 9 setiap dua atau tiga tahun setelahnya.

Film terakhir “Star Wars” adalah "Revenge of the Sith" pada 2005. Film-film terbaru nantinya akan melanjutkan kisah Luke Skywalker, Han Solo dan Princess Leia, dan Lucas akan berperan sebagai konsultan kreatif.

“Sudah saatnya saya menyerahkan 'Star Wars' pada generasi baru pembuat film,” ujarnya dalam pernyataan tertulis.

Lucas akan menjadi individu kedua terbesar yang memegang saham Disney, yaitu sebanyak 2,2 persen.

“Ini adalah salah satu properti hiburan terbesar sepanjang masa,” ujar direktur eksekutif Disney Bob Iger.

Seperti juga pembelian terhadap Marvel Entertainment dan Studio Pixar, LucasFilm akan “mendorong nilai jangka panjang untuk para pemegang saham kami,” tambahnya.

Selain "Star Wars," kesepakatan dengan Lucasfilm juga termasuk hak terhadap waralaba "Indiana Jones". Namun Disney tidak menjelaskan rencana terhadap serial tersebut. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG