Tautan-tautan Akses

Belasan Kostum Karnival Solo Akan Tampil di Konferensi Asia Afrika 2015

  • Yudha Satriawan

Karnival Solo akan tampil di Konferensi Asia Afrika 2015 di Bandung, Jawa Timur. (VOA/Yudha Satriawan)

Karnival Solo akan tampil di Konferensi Asia Afrika 2015 di Bandung, Jawa Timur. (VOA/Yudha Satriawan)

Kostum Karnival dari Solo akan ikut tampil dalam rangkaian Konferensi Asia Afrika 2015 di Bandung Jawa Barat. Kostum Karnival tersebut dibuat dari rangkaian lembaran kain batik, anyaman bambu, hingga pernak-pernik biji-bijian dan bebatuan warna warni.

Belasan orang memakai baju karnival warna warni saat Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan berlangsung di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu pagi (19/4). Baju mereka terbuat dari rangkaian lembaran kain batik, anyaman bambu, hingga pernak-pernik yang dibuat dari biji-bijian maupun bebatuan beragam warna.

Aksi sekelompok orang tersebtu menarik ratusan warga di Solo yang sedang beraktifitas di lokasi tersebut. Koordinator aksi, Heru Prasetya mengatakan mereka akan tampil di ajang konferensi Asia Afrika 2015 pekan ini di Bandung Jawa Barat. Menurut Heru, ada belasan peserta dari Solo berkostum karnival ini di rangkaian acara Konferensi Asia Afrika tersebut.

Belasan orang berkostum karnival ini terus berjalan berlenggak lenggok di sepanjang jalur Car Free Day di Solo. Salah seorang peserta, Kamila, mengaku senang dan bangga akan tampil di ajang Konferensi Asia Afrika tersebut. Menurut Kamila, Konferensi tersebut menjadi momen bersejarah yang dikenal dunia.

Kamila mengatakan, “Persiapan yang kami lakukan sekitar 1 bulan untuk pembuatan kostum karnival ini...ya karena mengejar deadline penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika di Bandung nanti. Sebagai warga Solo kami bangga bisa tampil dan menjadi bagian dari rangkaian konferensi yang mendunia itu, tidak semua perwakilan di berbagai daerah di Indonesia bisa ambil bagian dalam rangkaian konferensi itu, jadi ya kami beruntung bisa ikut tampil di konferensi itu.”

Sebagaimana diketahui, perayaan 60 tahun Konferensi Asia Afrika akan digelar di Bandung Jawa Barat pekan ini. Ratusan delegasi maupun pimpinan negara dari berbagai negara di dunia, terutama kawasan Asia dan Afrika, akan bertemu di konferensi tersebut. Pemerintah Indonesia terus melakukan persiapan untuk menggelar konferensi ini.

XS
SM
MD
LG