Tautan-tautan Akses

Belanda Taklukkan Brasil, Hadapi Uruguay di Semifinal

  • Viktor Pattianakota

Para pemain Uruguay merayakan kemenangan setelah drama adu tendangan penalti melawan tim bintang Hitam, Ghana.

Para pemain Uruguay merayakan kemenangan setelah drama adu tendangan penalti melawan tim bintang Hitam, Ghana.

Tim Oranye menyingkirkan raksasa Brasil 2-1, sementara kesebelasan Uruguay mengatasi Ghana 4-2 dalam drama adu penalti.

Tim Uruguay berhasil melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Ghana 4-2 dalam drama adu penalti setelah bermain seri 1-1 selama 90 menit ditambah 30 menit babak perpanjangan waktu.

Ghana unggul lebih dulu 1-0 di menit 45 sesaat sebelum babak pertama usai lewat Muntari.

Di babak kedua, striker Uruguay Diego Forlan berhasil menyamakan kedudukan di menit 55 lewat tendangan bebas. Skor 1-1 tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Tim Bintang Hitam memiliki kesempatan memenangkan pertandingan di menit 120 lewat penalti setelah Luis Suarez menghalau bola di depan gawang dengan tangannya, sehingga mendapat hukuman kartu merah dan diusir keluar lapangan oleh wasit. Sayangnya, tendangan penalti yang dilakukan oleh Asamoah Gyan mengenai mistar gawang.

Wesley Sneijder (kedua dari kiri) saat mencetak gol kemenangan Belanda melalui sundulan kepala.

Wesley Sneijder (kedua dari kiri) saat mencetak gol kemenangan Belanda melalui sundulan kepala.

Dalam pertandingan sebelumnya, tim Belanda berhasil mengalahkan juara lima kali Brasil, 2-1, dan melaju ke babak semifinal untuk pertama kalinya dalam 12 tahun. Pada Piala Dunia 1998 di Perancis, tim Oranye kalah dalam adu penalti melawan Brasil di semifinal.

Gelandang Belanda yang bermain untuk klub Inter Milan, Wesley Sneijder, mencetak gol kemenangan bagi timnya hari Jumat di Port Elizabeth. Sundulannya menembus gawang Julio Cesar di menit 68.

Brasil mendominasi babak pertama dan unggul lebih dulu lewat tendangan Robinho di menit 10. Tapi tim Selecao itu kehilangan fokus setelah Belanda berhasil menyamakan kedudukan di menit 53, lewat gol bunuh diri Felipe Melo setelah bertabrakan dengan kiper Julio Cesar.

Brasil harus bermain dengan 10 orang setelah Felipe Melo diberi kartu merah di menit 73 karena menginjak gelandang Belanda, Arjen Robben.

Dengan kemenangan ini, Belanda akan berhadapan dengan Uruguay dalam pertandingan semifinal pada hari Selasa, 6 Juli 2010 yang akan dilangsungkan di Cape Town.

XS
SM
MD
LG